Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sektor Lampu Navigasi Kapal dan Jarak Tampaknya

Lampu Navigasi Kapal

jarak tampak dan sektor lampu navigasi kapal

Lampu Navigasi kapal bertujuan untuk keamanan dalam pelayaran, sebuah kapal dilengkapi lampu navigasi dengan maksud untuk memberikan kode atau sinyal kepada kapal lain di sekitarnya pada malam hari.  Lampu-lampu itu disebut lampu navigasi kapal. Setiap perwira yang sedang melakukan tugas dan tanggung jawabnya di atas kapal harus memiliki kecakapan yang baik dan mengetahui dengan jelas mengenai karakteristik setiap lampu navigasi. Sehingga memudah dalam mengambil tindakan dengan benar bilamana terjadi hal-hal yang dianggap dapat menimbulkan bahaya tubrukan.

Lampu navigasi kapal memiliki karakteristik masing-masing berdasarkan nama dan penempatannya. Selain itu lampu navigasi juga memiliki sector sudut dan jarak tampak. Jarak tampak lampu navigasi kapal sangat bergantung pada ukuran kapal atau GT (Gross Tonnage) semakin besar GT kapal maka jarak tampak lampu navigasinya pun semakin jauh. Jadi dapat dikatakan bahwa jarak tampak lampu navigasi kapal berbanding lurus terhadap GT kapal tersebut.

Penerangan lampu navigasi kapal harus dipenuhi semenjak saat matahari terbenam sampai matahari terbit. Selama malam hari ketika kapal sedang memiliki laju terhadap air maka kapal tersebut harus dan wajib memperlihatkan lampu navigasinya sebagaimana yang diatur dalam P2TL pada bagian C tentang ‘’PENERANGAN DAN SOSOK BENDA’’.

Pada malam hari setiap kapal tidak diperbolehkan memperlihatkan lampu lain selain lampu navigasi sebagaimana yang diatur dalam P2TL bagian C, dengan pengecualian bahwa penerangan-penerangan lain tersebut tidak mengakibatkan kekeliruan terhadap penerangan lampu navigasi  serta tidak mengakibatkan melemahnya lampu navigasi kapal sebagaimana yang dimaksud di atas.

Selain pada malam hari lampu navigasi kapal juga wajib diperlihatkan ketika sedang berada dalam situasi tertentu, seperti situasi dimana jarak penglihatan terbatas yang biasanya diakibatkan oleh kabut atau asap.

Berikut ini merupakan Penerangan-Penerangan Lampu Navigasi Kapal

Jenis Lampu Navigasi Kapal

Lampu Tiang Depan

Lampu tiang depan adalah sebuah penerangan yang ditempatkan di sumbu membujur kapal, dimana lampu ini memperlihatkan warna putih. Lampu tiang depan harus memperlihatkan cahaya lampu dari arah lurus ke depan haluan kapal hingga 22,5° di belakang arah melintang kedua lambung kapal.

Lampu tiang depan memiliki sector 225°, untuk kapal yang memiliki panjang lebih dari 50 Meter harus memasang 2 buah lampu tiang yakni lampu tiang depan dan lampu tiang di tengah yang berada pada lampu tiang utama kapal.

lampu-tiang-depan
Kapal dengan Panjang 50 Meter atau lebih

lampu-tiang-depan
Kapal dengan Panjang kurang dari 50

Lampu Lambung

Lampu lambung adalah lampu navigasi yang terdapat pada kedua lambung kapal yaitu lampu dengan penerangan warna hijau pada lambung kanan (starboard side) dan lampu dengan penerangan warna merah pada lambung kiri (port side). Lampu lambung harus memperlihatkan cahaya dari arah lurus kedepan sampai 22,5° di belakang arah melintang pada kedua sisinya. Lampu lambung memiliki sector 112,5°. Pada saat kapal dalam situasi berhadapan kedua lampu lambung ini dapat terlihat namun, dalam keadaan menyusul kedua lampu lambung ini tidak dapat terlihat.

Lampu Buritan

Lampu buritan adalah lampu navigasi yang memperlihatkan penerangan dengan warna putih yang ditempatkan di buritan atau sedekat mungkin dengan buritan kapal. Lampu buritan memiliki sector (busur cakrawala) 135°, lampu buritan harus dipasang sedemikian rupa untuk dapat memperlihatkan penerangan 67,5° dari arah kebelakang pada kedua sisinya.

Lampu Tunda

Lampu tunda adalah lampu navigasi yang memperlihatkan penerangan dengan warna kuning. Penerangan ini biasanya diperlihatkan oleh kapal yang sedang menunda, guna untuk memberikan signal atau informasi terhadap kapal lain tentang aktivitas dari kapal tersebut.

lampu-tunda

Lampu Kedip/Penerangan Kedip

Lampu ini merupakan penerangan yang berkedip-kedip dengan selang waktu tertentu. Penerangan ini memiliki frekuensi 120 atau lebih kedipan setiap satu menit.

Lampu Keliling

Lampu keliling adalah suatu penerangan yang memperlihatkan cahaya dengan sector 360°, atau dengan kata lain penerangan ini dapat terlihat dari segala arah.

lampu keliling
lampu kuning merupakan lampu keliling yang bisa terlihat dari segala arah

Jarak Tampak Lampu Navigasi Kapal

Kapal-kapal yang panjangnya 50 Meter atau lebih (≥ 50 m)

Jarak Tampak:

  • Lampu Tiang:  6 mil
  • Lampu lambung: 3 mil
  • Lampu Buritan: 3 mil
  • Lampu Tunda: 3 mil
  • Lampu keliling: 3 mil
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

jarak tampak lampu navigasi kapal


Kapal-kapal yang panjangnya 12 meter atau lebih tetapi kurang dari 50 meter (≥ 12 < 50 meter)

Jarak Tampak:

  • Lampu Tiang: 5 mil
  • Lampu lambung: 2 mil
  • Lampu buritan: 2 mil
  • Lampu tunda: 2 mil
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

jarak-tampak-lampu-navigasi-kapal

Kapal-kapal yang panjangnya kurang dari 12 meter ( < 12 m)

Jarak Tampak:

  • Lampu Tiang: 2 mil
  • Lampu lambung: 1 mil
  • Lampu buritan: 2 mil
  • Lampu tunda: 2 mil
  • lampu keliling: 2 mil.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Kapal-kapal-yang panjangnya-kurang-dari-12-meter

Demikianlah penjelasan dalam artikel ini, semoga memberikan manfaat dan pengetahuan yang baru bagi setiap sobat pelaut yang mengunjungi web karya pelaut. Terima kasih dan salam pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Sektor Lampu Navigasi Kapal dan Jarak Tampaknya"