Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

YELLOW FEVER PELAUT, Cara Pengambilan dan Pendaftaran Secara Online

Pengertian Yellow Fever 

pendaftaran yellow fever pelaut

Yellow fever adalah suatu penyakit yang yang disebabkan oleh virus, virus ini dikenal dengan nama Yellow Fever atau dikenal juga dengan penyakit kuning, penyakit ini dapat menular ke orang lain melalui gigitan nyamuk. Virus ini menetap di Negara tropis Afrika, Amerika tengah dan Amerika Selatan. 

Setiap wisatawan yang akan berkunjung ke daerah tersebut harus diberikan vaksin terlebih dahulu guna untuk mencegah terinfeksi oleh virus ini. Hal yang paling diwaspadai adalah jika wisatawan tidak diberikan vaksin maka akan beresiko membawa pulang penyakit Yellow Fever ke negara asal, karena virus ini memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi.

Hal ini bukan hanya diperuntukkan untuk setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Negara-Negara sebagaimana yang dimaksud di atas, tetapi juga untuk semua pelaut yang ingin berlayar atau bekerja di daerah dari ke-3 negara tersebut wajib diberikan vaksin terlebih dahulu. 

Beberapa perusahaan pelayaran mewajibkan setiap crew kapal memiliki surat vaksin buku kuning ini sebagai persyaratan untuk bisa dipekerjakan di atas kapal yang akan berlayar ke-3 negara tersebut yakni Negara Tropis Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Gejala dan Dampak Yellow Fever

Secara umum gejala yang muncul pada seseorang jika terinfeksi penyakit ini adalah sebagai berikut.

  • Mual 
  • Muntah
  • Otot-otot terasa nyeri
  • Mata dan kulit kekuningan
  • Demam
  • Lemas

Orang atau pasien yang terinfeksi virus ini akan mengalami gejala-gejala bahkan beberapa diantara pasien akan mengalami gejala yang cukup besar yang pada akhirnya akan berdampak pada kematian. 

Virus ini sangat diwaspadai penularan dan penyebarannya. Salah satu hal yang memicu penularannya adalah tidak dilakukannya vaksinasi terhadap orang yang akan bepergian ke luar Negeri seperti ke Negara Afrika. Hal itu dapat mengakibatkan system imunisasi akan mudah terserang oleh virus.  

Beberapa pelaut pemula yang masih bingung tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika akan mendaftar dan mengambil vaksin Yellow Fever. Pada masa yang serba internet seperti sekarang ini, membuat para pelaut akan lebih mudah dalam proses pengambilan surat vaksin, karena pendaftaran dapat dilakukan secara online tanpa harus mendatangi Lembaga penyedia dan pelayanan vaksin

. Berikut ini akan diuraikan cara pendaftaran secara online dalam pengambilan Vaksin Yellow Fever.

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

Cara mendaftar adalah sebagai berikut.

1. Registrasi Online 

Pada menu pencarian google silahkan kunjungi/ketik : http://kespel.kemkes.go.id. Maka akan muncul seperti gambar berikut ini, pilih bagian yang paling atas.

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

2. Agar lebih mudah ubah tampilan android anda ke tampilan Dekstop dengan cara pilih titik tiga pada sudut atas sebelah kanan kemudian pilih “situs desktop”

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

3. Setelah itu scroll ke bawah untuk pengisian  Form biodata, isilah biodata sesuai dengan E-KTP atau Paspor anda (Pilih salah satu)

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

Pada bagian A, isi tanggal sesuai dengan rencana anda kapan akan mendatangi Lembaga penyedia vaksin.

Pada bagian B, isi sesuai tanggal pelayanan (samakan dengan tanggal pada bagian A)

Pada bagian C, isi sesuai dengan KKP Kota dimana anda tinggal

Pada bagian D, Pilihlah tempat penyedia dan pelayanan vaksin yang terdekat dari tempat tinggal anda

4. Pada bagian “Jenis Permohonan” pilih ''Yellow Fever''

Pada bagian “Tujuan Vaksinasi” pilih “Perjalanan Lainnya” jika anda seorang Pelaut, jika vaksinasi tersebut bertujuan untuk Umroh maka pilih Umroh.

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

5. Pada bagian “Jenis Identitas” pilih salah satu, jika anda menggunakan E-KTP maka pilih KTP, jika anda akan menggunakan Paspor maka pilih passport.

6. Silahkan foto KTP atau Passport anda lalu Upload dengan cara pilih "File" kemudian cari foto KTP/Paspor di galeri Handphone (HP) anda.

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

7. Setelah semua bagian pada biodata terisi, pada bagian akhir pengisian biodata masukkan kode pada kolom yang disediakan, lalu pilih "kirim".

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

8. Jika biodata anda sudah terkirim maka secara otomatis email yang anda daftarkan akan mendapat pesan. Silahkan cek email anda pada kotak masuk, jika ada kotak masuk seperti pada gambar di bawah ini. Download dokumen dan print kedua Dokumen tersebut.

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

9. Kedua lembaran dokumen tersebut harus anda bawa pada saat anda akan mengambil vaksin di lembaga yang anda pilih pada saat pengisian biodata.

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

Cara Mendaftar Vaksin Yellow Fever Secara Online

10. Setelah tiba di kantor lembaga pelayanan Vaksin anda akan diarahkan oleh petugas, mulai dari Pembayaran sampai pengambilan vaksin selesai.

11. Buku Vaksinasi anda sudah jadi

12. Setelah anda selesai melakukan Vaksin anda tidak dianjurkan untuk langsung pulang tetapi anda harus istirahat sekitar 30 menit guna untuk memastikan ada tidaknya gejala yang muncul akibat vaksin tersebut. 

13. Jika selama 30 menit tidak ada indikasi atau gejala yang muncul maka anda diperbolehkan untuk pulang.

Masa Berlaku Vaksin Yellow Fever (Buku Kuning)

Setelah melakukan vaksin maka kita akan mendapatkan kartu vaksinasi (Buku Kuning) sebagai bukti bahwa kita telah melakukan Vaksinasi. Surat vaksin ini berlaku seumur hidup (Long Life), jadi simpan baik-baik karena memiliki manfaat yang sangat penting terlebih khusus bagi seorang pelaut. Mengingat sebagian besar Perusahaan akan meminta dokumen ini, sebagai persyaratan untuk bisa diterima sebagai pekerja di kapal. 

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan petunjuk bagi setiap pelaut yang ingin mengambil  vaksin Yellow Fever. terima kasih dan salam pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.