Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Baterai SART yang Sudah Expired

SART merupakan alat navigasi kapal yang sangat penting karena sebagai penolong ketika terjadi situasi darurat. Alat ini menggunakan baterai sebagai sumber power dan dayanya, dimana baterei ini memiliki masa aktif yang terbatas sehingga harus diganti ketika expired. penggantian baterei biasanya dilakukan setiap 4 tahun tergantung dari masa aktifnya.

Lalu bagaimana cara mengganti baterei SART? melalui artikel ini saya akan memberikan langkah-langkahnya agar mempermudah teman-teman melakukannya.

Cara Mengganti Baterai SART

cara mengganti baterai sart

Mengganti baterai SART sangatlah mudah dan tidak memerlukan teknisi khusus. Namun, sebelum melakukan penggantian batereinya alat yang harus dipersipakan adalah Obeng dan Baterei. Jadi 1 bulan sebelum baterei itu expired anda sudah harus order keperusahaan agar dapat disupply sebelum masa aktifnya expired.

Cara Mengganti baterai SART yaitu:

  1. Lepaskan SART dari braketnya
  2. Terlebih dahulu lepaskan bagian cradle agar tidak menggangu selama proses pemasangan
  3. Balikkan dan lihat terdapat beberapa sekrup, sekrup tersebut buka dan lepaskan penutup bagian bawah 
    cara mengganti baterai

  4. Setelah terbuka anda akan melihat batangan baterai yang terdapat di dalam, dengan socket kabelnya terhubung ke bagian transponder 
    socket penghubung baterai dan transponder

  5. Lepaskan atau cabut pada bagian socket dengan pelan sampai terlepas
  6. Setelah secketnya terlepas angkat batereinya dan ganti dengan baterei yang baru, hati hati jangan sampi kabel penghubung antara baterai (Battery) dan socket terputus 
    ganti baterai

  7. Pastikan socket baterai baru terpasang dengan sempurna pada bagian transponder, anda tidak perlu kwatir socket terbalik karena terdapat tanda dan markingnya. Selain itu jika socket terbalik maka tentunya tidak bisa masuk atau tertancap pada lubang transponder
  8. Tutup kembali serta pasang baut dan eratkan sampai tertutup dengan rapat
  9. Pasang cradle dan kembalikan pada braketnya.

Jangan lupa lakukan pengetesan untuk memastikan bahwa alat tersebut sudah bekerja dengan baik, pastikan lampu indikatornya menyala serta ada bunyi beep yang terdengar. Juga pastikan anda menempelkan label keterangan mengenai masa berlaku baterei tersebut sebagai pedoman para officer selanjutnya, serta catat dan record dalam GMDSS log book.

Selain melakukan penggantian baterai, alat ini juga harus dilakukan perawatan setiap bulan seperti melakuka Test SART guna untuk mengetahui kualitas performanya apakah dalam keadaan baik dan masih layak untuk dipergunakan.

Kemampuan daya tahan baterai (Battery) pada alat ini adalah 8 jam ketika di aktifkan (dalam keadaan ON) dan 96 jam jika dalam keadaan standby. Penjelasan detail terdapat pada baterei mulai dari type, maker, masa aktif serta kapasitasnya bisa teman-teman baca untuk mendapatakan informasi secara lengkap. Pastikan juga untuk selalu menyediakan spare di atas kapal untuk mempermudah teman-teman melakukan penggantian jika terjadi kerusakan pada baterei yang dapat mengakibatkan tidak berfungsinya alat ini.

Masa aktif baterei SART pun berbeda-beda ada yang 2 tahun, 4 tahun dan ada juga yang 5 tahun, detail penjelasan mengenai masa aktifnya dapat dilihat pada kemasaanya saat melakukan pergantian. Hal ini sangat penting untuk di catat dan dibuatkan marking lalu ditempelkan pada cover agar mudah terlihat dan mempermuda dalam melakukan pengecekan dan perwatan setiap bulan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengganti baterai SART, kami menyadari bahwa artikel ini sangat membutuhkan tambahan atau pengalaman baru dari teman-teman pelaut, dengan tujuan agar bisa meningkatkan pengetahuan atau wawasan setiap pembaca. Jika artikel ini membantu, silahkan bagikan di sosmed sobat agar semakin banyak yang mengetahui dan memahami setiap materi yang ada dalam artikel ini. Sekian dan terima kasih.
Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.