Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca dan Menghitung Draft Kapal

Draft kapal harus dipahami dengan baik oleh setiap crew deck di atas kapal, baik perwira maupun juru mudi, seperti membaca penunjukan draft kapal dengan benar serta cara menghitung draft di atas kapal. Dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai draft kapal mulai dari pengertian draft cara membaca dan cara menghitung.

Pengertian Draft Kapal

Draft kapal adalah jarak tegak yang diukur dari garis air / permukaan air sampai pada lunas kapal (keel) yang dinyatakan dalam satuan meter dimana  semakin besar muatan kapal maka semakin besar pula draft suatu kapal. 
Draft pada kapal berbentuk deratan angka yang ada pada lambung kiri dan lambung kanan kapal yang terletak di bagian belakang kapal, bagian tengah dan bagian depan kapal.
Draft kapal digunakan untuk mengukur besaran badan kapal yang tenggelam dalam air untuk mengetahui berapa besar muatan yang harus dimuat tanpa membuat kapal over draft. 


Over draft adalah suatu kondisi dimana kapal kelebihan muatan sehingga permukaan air melewati batasan garis muat yang diizinkan. Keadaan Over draft sangat membahayakn stabilitas dan keseimbangan  kapal sehingga bagi setiap kapal yang sedang memuat muatan harus menghindari hal ini, demi keselamatan di laut.

Jenis Draft Kapal

Berdasarkan satuannya draft kapal dibedakan menjadi 2 yaitu :
  • Draft dengan satuan meter, draft dalam satuan meter biasanya yang paling umum atau paling banyak ditemukan
  • Draft dengan satuan Metrik, draft dalam satuan metrik biasanya digunakan bagi kapal kapal besar pada zaman dulu, meskipun banyak yang mengatakan bahwa pembacaan draft dalam sistem metrik lebih mudah dibandingkan dengan sistem satuan meter.
Berdasarkan letaknya pada kapal, draft dibedakan menjadi 3 yaitu :
  • Draft depan (fore draft) yaitu deretan angka draft yang terletak dibagian depan kapal pada kedua sisi lambung kapal
  • Draft Belakang (aft draft) yaitu deretan angka draft yang terletak dibagian belakang kapal pada kedua sisi lambung kapal
  • Draft tengah (mid draft) yaitu deretan angka draft yang terletak dibagian tengah kedua lambung kapal. Draft tengan terletak didekat lambang plimsol mark (merkah tanda kapal).

Cara Membaca Draft Kapal

Sebelum lebih lanjut tentang membaca draft maka harus terlebih dahulu memahami hal-hal sebagai berikut:
  1. Tinggi setiap angka dan jarak setiap angka adalah 10 cm
  2. Perhitungan angka dimulai dari bawah ke atas
  3. Angka yang sedikit maju adalah angka satuan dalam cm
  4. Jika pada saat situasi berombak sehingga pembacaan draft berubah-rubah maka lakukan pembacaan 3-5 kali kemudian ambil rata-ratanya 

drfat kapal

Dari gambar di atas menunjukkan bahwa setiap kaki angka menunjukkan nilai yang genap
sebagai contoh jika air pas menyentuh kaki 14 M maka itu artinya draft adalah 14 meter, dan setiap kepala / ujung atas angka menunjukkan angka ganjil sebagai contoh jika permukaan air tepat menyentu ujung atas angka 2 maka nilai draft adalah 14 meter 3 cm (14,3 M).

Pada gambar berikut diibaratkan garis biru adalah permukaan air

membaca draft kapal

Cara Menghitung Draft Kapal

Menghitung draft dilakukan ketika kapal akan melakukan draft survey, ada tiga draft yang harus diketahui nilainya yaitu draft depan, draft tengah dan draft belakang. Namun jika kedua draft sudah diketahui maka draft yang lainnya sudah bisa dihitung tanpa harus melakukan pengamatan secara langsung. 
Perhitungan draft dapat menggunakan rumus :
  • Draft Tengah = (Draft belakang + draft depan) / 2
  • Draft Belakang = (2 x draft tengah) - draft depan
  • Draft Depan = (2 x draft tengah) - draft belakang 

Contoh Menghitung Draft

Soal
Jika diketahui draft depan kapal 6 meter dan draft tengah 7 meter, hitunglah besar draft belakang.

Jawab 
Draft Belakang = (2 x draft tengah) - draft depan
                         =  ( 2 x 7 ) - 6
                         = 14 -6
                         = 8
Jadi, Nilai draft belakang adalah 8 meter
 

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.