Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Di Kapal Tanker ini Istilah istilah yang Harus Anda Ketahui

Istilah Penting di atas Kapal Tanker 

istilah di kapal tanker
sumber gambar : pixabay

Pada kapal tanker ada beberapa istilah penting yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap crew yang ingin bekerja di kapal Tanker, Istilah-istilah tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. Pump Room adalah ruangan diatas kapal yang merupakan tempat penempatan pompa-pompa yang digunakan dalam proses bongkar muatan, pompa-pompa untuk pengisian air ballast dan pembuangan air ballast. Jadi semua pipa-pipa di pump room terhubung dengan pipa-pipa pada tangki muatan. Ruangan pump room terletak pada bagian dekat buritan kapal yaitu antara slop tank dan kamar mesin
  2. Deck Lines merupakan jalur-jalur dari pada pipa muatan yang berada di atas main deck dimana pipa-pipa ini berfungsi sebagai penghubung antara pump room, tanki muatan dan manifold.
  3. Line Up merupakan suatu proses pembukaan valve pada pipa dari manifold ke tanki muatan sebagai persiapan kapal dalam menerima muatan. Pada intihnya Line Up berarti Persiapan pada jalur line cargo baik pada saat loading maupun unloading guna untuk memastikan bahwa semua valve yang akan dilalui muatan telah terbuka dengan sempurna dan semua valve yang tidak akan dilalui muatan telah tertutup dengan sempurna, pemeriksaan tersebut dimulai dari manifold dan line pipa yang menuju compartemen
  4. Drop line merupakan suatu akses pipa muat dalam proses loading pada system kapal tanker. Ketika kapal akan memuat muatan drop line harus dipastikan terbuka dengan sempurna untuk mencegah terjadinya back pressure (Tekanan Balik).
  5. Stripping Line merupakan alur pipa yang berfungsi untuk mengisap / mengeringkan sisa muatan di dalam tanki ketika kapal selesai melakukan proses bongkar muat dengan tujuan agar muatan terisap secara keseluruhan. Ukuran stripping line lebih kecil dibandingkan dengan ukuran pipa muatan.
  6. Tank Suction Valve yaitu valve pada bagian pipa isap yang terhubung dengan pompa muatan. Tank Suction valve terhubung langsung dengan cargo pump  sehingga pada saat proses bongkar muat valve ini harus dipastikan terbuka.
  7. Sea Suction Valve yaitu valve pipa isap pada ruang pompa (pump room) yang terhubung dengan pompa air ballast yang berfungsi untuk mengatur keluar masukknya air laut menuju ke pompa ballast. Biasanya pada saat ingin mengatur keseimbangan kapal dengan menggunakan ballast maka harus berhubungan dengan sea suction valve tersebut.
  8. Oil Spill Box yaitu kotak persegi panjang yang berada di bawah manifold yang berfungsi untuk menadah minyak bila mana terjadi kesalahan pada manifold sehingga minyak yang keluar/tertumpah tidak langsung mengarah ke maindeck melainkan akan tertampung pada oil spill box terlebih dahulu
  9. Bell Mut yaitu kotak kecil pada sudut setiap tanki muatan sebagai tempat pengisapan pipa stripping
  10. Bypass yaitu penghubung secara langsung antara dua buah cargo lines dimana kedua ruang muatannya akan dimuati dengan jenis muatan yang sama. Bypass akses line berfungsi sebagai sirkulasi agar cargo pump tidak menimbulkan terjadinya back pressure yang dapat mengakibatkan tekanan pompa over load. Hal ini dapat membuat seal pompa selalu aman dan terkontrol.
  11. Cross over yaitu pipa dengan kedua valve yang saling terhubung yang berfungsi sebagai penyebrangan muatan menuju ke masing masing tanki sesuai jenis muatannya
  12. Master Valve yaitu valve utama di ruang pompa yang digunakan untuk mengalirkan / menghentikan aliran muatan pada jalur pipa utama dari pompa ke manifold. Tidak semua kapal tanker dilengkapi dengan master valve, namun biasanya master valve ini terletak di pump room dan maindeck.
  13. Main Hold yaitu lubang utama pada setiap tanki muatan di atas kapal Tanker
  14. Scupper Plug yaitu alat yang digunakan untuk menyumbat atau menutup lubang pada main deck agar tumpahan muatan/minyak tidak langsung menuju ke laut. Jenis scupper plug berbeda-beda ada yang berbentuk karet ada pula yang berbentuk kran. Lubang scupper Plug hanya ditutup ketika kapal akan melaksanakan proses loading atau unloading, pada keadaan normal scupper plug selalu dibiarkan dalam keadaan terbuka agar air tidak tergenang di atas main deck.
  15. Cofferdam yaitu Ruang kosong atau tanki yang terletak antara fore peak Tank, Aft peak tank dan Cargo Oil Tank (COT). Cofferdam berfungsi sebagai sekat pembatas bila mana kapal mengalami tubrukan, tanki muatan tidak langsung mengalami kebocoran sehingga muatan tidak akan terkontaminasi dengan air laut. Pada intihnya coferdam juga disebut sebagai sekat pelindung.

Itulah beberapa istilah-istilah di kapal tanker yang harus anda ketahui sebelum naik dan bekerja di atas kapal terutama untuk anda yang ada dibagian deck.
Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.