Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cadet Deck dan Cadet Mesin Wajib Hindari 7 hal ini

Cadet adalah taruna pelayaran yang sedang melaksanakan praktek di kapal, masa praktek Cadet deck dan cadet mesin di kapal merupakan hal penting dalam kelanjutan pendidikannya. Pada masa praktek disitulah cadet akan belajar dari permulaan karirnya sebagai pelaut. Masa sebagai permulaan tentu tidak boleh disia-siakan begitu saja namun harus benar-benar membangun karakter dalam diri sendiri agar kelak bisa menjadi perwira yang handal. 

Untuk menjadai perwira yang handal dan profesional maka sebagai cadet yang sedang menjalankan praktek laut di atas kapal harus memahami hal-hal mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

Berikut ini adalah hal-hal yang wajib cadet deck dan cadet mesin hindari ketika menjalani masa praktek laut (prala) di atas kapal

7 Hal yang Wajib Dihindari Cadet Deck dan Cadet Mesin

1. Mengejar Uang
cadet deck dan cadet mesin kejar uang
sumber gambar : pixabay
Pada umumnya setiap orang menjadikan uang sebagai tujuan utamanya dalam bekerja, namun hal ini tidak berlaku untuk seorang taruna yang sedang melaksanakan praktek di kapal. Sebagai Cadet harus benar-benar memahami bahwa tujuan utama anda adalah untuk memulai karir anda sebagai pelaut karena itu janganlah fokus pada uang tetapi fokuslah pada hal yang akan mengantarkan karir anda pada kesuksesan sebagai pelaut di masa mendatang. Ketika anda sudah membangun awal yang baik maka kelak anda yang akan dicari uang dengan tawaran gaji yang besar.

2. Suka Mengeluh

suka mengeluh
sumber gambar : pixabay

Sebagai taruna yang sedang praktek di kapal tentu banyak tantangan yang harus anda hadapi bahkan banyak tekanan mental yang harus diperhadapkan kepada diri anda. Namun hal seperti itu jangan jadikan sebagai beban karena semuanya itu untuk melatih mental dan kepribadian anda untuk bisa menghadapi situasi-situasi sulit nantinya jika anda sudah menjadi pemimpin di atas kapal.

Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah tetapi akan memperburuk keadaan anda, oleh karena itu apapun tantangan di atas kapal hadapilah dengan santai tanpa harus mengeluh sepanjang hari. Percayalah semua itu akan berakhir dan selalu ambil hikmahnya dari semua kejadian yang anda hadapi.

3. Malas Belajar

malas belajar
sumber gambar : pixabay

Jika hal ini terjadi pada anda sebagai cadet maka anda benar-benar melewatkan satu kesempatan berharga dalam jenjang karir anda. Masa prala adalah permulaan dari karir anda oleh karena itu jangan perna sia-siakan kesempatan ini. Belajarlah sebanyak mungkin yang anda bisa, buatlah daftar pertanyaan yang belum anda ketahui lalu tanyakan pada perwira di atas kapal. Jika anda malas belajar maka berpikirlah apa yang anda lakukan ketika sudah menjadi perwira kelak, Oleh karena itu sebisa mungkin hindarilah rasa malas agar penyeselan tidak lagi menghampiri anda ketika sudah menjadi perwira dan harus melakukan interview di perusahaan.

4. Minuman Alkohol

sumber gambar : pixabay

Banyak orang yang mengidentikkan pelaut sebagai peminum keras, penjudi dan hal-hal buruk lainnya. Tetapi anda sebagai cadet jadilah berbeda dari pernyataan tersebut buktikan pada orang lain bahwa anda bisa menjadi pelaut yang patut diteladani, yakinkan diri anda untuk bisa menjadi lebih baik tanpa harus bersahabat dengan alkohol. 

Disisi lain minuman alkohol akan membuat anda kehilangan begitu banyak kesehatan, karena alkohol akan memberi dampak negatif terhadap kesehatan anda. Bukankah sebagai pelaut hal terpenting yang harus dijaga adalah kesehatan, bayangkanlah ketika anda setelah menjadi perwira dan kesehatan anda bermasalah, apakah mungkin masih ada perusahaan yang akan mempekerjakan anda ? jawabnya "Tentu Tidak". Oleh karena itu selama masa praktek di kapal anda harus benar-benar bisa menghindari minuman beralkohol dan hal-hal buruk lainnya.

5. Rasa Takut

rasa takut
sumber gambar : pixabay

Sebagai pelaut sudah menjadi kepastian untuk menjumpai banyak keadaan darurat di atas kapal seperti ledakan, kebakaran dan keadaan darurat lainnya. Oleh karena itu persiapkan dan latih mental anda untuk menghadapi situasi semacam ini. Jangan pernah pelihara rasa cemas dan rasa takut, karena hal ini hanya akan memperburuk situasi dalam mengendalikan dan mengontrol tindakan anda. Belajarlah untuk terlatih dalam situasi yang darurat agar anda tidak kehilangan kesadaran bilamana terjadi situsi darurat secara tiba-tiba.

6. Lambat Bangun

Lambat bangun
sumber gambar : pixabay

Berada di atas kapal tidak seperti ketika anda sedang berada di rumah bersama orang tua anda, oleh karena itu jangan bawa kebiasaan buruk anda di rumah saat anda menjadi cadet. Seperti kebiasaan lambat bangun, karena hal itu akan sangat tidak disukai oleh perwira dan kapten di atas kapal. Jadilah taruna praktek yang disiplin dalam waktu dan pekerjaan, anda akan dicintai banyak orang di kapal bila anda disiplin mulai dari disiplin mengatur waktu sampai pada disiplin dalam berpakaian. Selain itu bangun lebih awal akan membuatmu merasa segar untuk menyambut pagi yang baru dengan segala aktivitas di dalamnya Sebisa mungkin bangunlah tepat waktu dan persiapkan diri anda untuk melakukan aktivitas dengan penuh semangat.

7. Meninggalkan Sholat / Malas Berdoa

meninggalkan doa
sumber gambar : pixabay

Akan menjadi hal yang sangat fatal jika anda tidak melakukan sholat / doa di atas kapal, dengan rutin berdoa kepada Tuhan anda akan semakin percaya dan meyakini kemampuan dalam diri anda. Begitu banyak orang yang meyakini bahwa "Kekuatan Doa mampu Merubah Kemustahilan" maka jadilah orang yang juga mempercayai hal itu. Dengan Doa kamu akan mampu menghadapi banyak tekanan, mengolah depresi bahkan diberi kepandaian dalam menghadapi setiap masalah. Oleh karena itu dimana pun keberadaan anda jangan perna untuk meningalkan sholat / Doa, karena doa adalah napas orang percaya.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Cadet Deck dan Cadet Mesin Wajib Hindari 7 hal ini"