Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas dan Tanggung Jawab Masinis 4 di Kapal

Masinis 4 (4/E) adalah salah satu posisi di kapal yang bertanggung jawab dalam mengoperasikan dan memelihara sistem mesin yang ada di kapal seperti pompa-pompa dan purifier.  Hal penting bagi Masinis 4 untuk menjalankan tugas-tugas operasional mesin sehari-hari, seperti mengecek kondisi mesin, melakukan perawatan rutin, dan memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem mesin. 4th Engineer juga harus memastikan bahwa semua peralatan mesin berfungsi dengan baik dan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan.

Selain itu, masinis 4 (4th Engineer) harus membantu dalam mengawasi dan mengelola sumber daya yang digunakan di mesin, termasuk bahan bakar, air, dan pelumas. Harus memastikan bahwa semua sumber daya tersebut digunakan secara efisien dan tidak terbuang sia-sia.

Tugas dan Tanggung Jawab Masinis 4

Tugas dan tanggung jawab masinis 4 di kapal
sumber : pixabay

Tugas dan tanggung jawab masinis 4 di kapal meliputi:

  1. Membantu masinis 3 (3rd engineer) dalam mengelola dan menjalankan sistem-sistem mesin dan peralatan teknik di kapal, termasuk mesin diesel utama, mesin diesel penggerak, mesin uap, sistem pendingin, sistem elektrik, dan lain-lain.
  2. Mengontrol dan merawat segala jenis pompa di atas kapal
  3. Membantu dalam pemeliharaan rutin dan perbaikan peralatan teknik di kapal, termasuk mesin induk, mesin uap, sistem pendingin, sistem elektrik, dan lain-lain.
  4. Memastikan bahwa semua peralatan teknik di kapal berfungsi dengan baik dan aman.
  5. Mengawasi dan mencatat kondisi mesin dan peralatan teknik di kapal, serta menyiapkan laporan yang diperlukan.
  6. Membantu dalam mengatur dan mengelola stok spare part mesin dan segala jenis peralatan mesin di kapal.
  7. Membantu dalam menyusun rencana pelatihan untuk anggota kru secara khusus pelatihan dan training di kamar mesin.
  8. Melakukan sounding bahan bakar setiap hari dan melaporkan ke Chief engineer mengenai jumlah pemakaian harian dan ROB. 
  9. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam bidang Peyaran sesuai dengan permintaan pihak management kapal.

Tugas Masinis 4 Pada Saat Bunker

Saat melakukan Bunker di Kapal, tugas-tugas masinis 4 (4/E) meliputi:

  1. Membantu dalam mengelola dan menjalankan peralatan teknik yang terkait dengan pengisian bahan bakar (bunker) di kapal, seperti pompa bunker, pipa-pipa bunker, dan tangki-tangki bahan bakar.
  2. Membantu dalam melakukan pemeriksaan visual dan instrumentasi pada sistem line yang terkait dengan bunker operasi.
  3. Mengatur dalam mengelola stok spare part mesin dan peralatan yang diperlukan selama proses bunker.
  4. Membantu mencatat serta menyiapkan laporan yang diperlukan sesuai dengan perintah Chief Engineer
  5. Membantu dalam menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan selama proses bunker
  6. Membantu dalam menjaga keamanan dan keselamatan kerja selama proses bunker.
  7. Ikut serta dalam memastikan bahwa proses bunker dilakukan dengan efisien dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Beberapa dari pengunjung blog ini sering bertanya mengenai bagaimana dan apa persyaratannya untuk bisa menjadi forth engineer di atas kapal. Tentu persyaratan untuk tiap perusahan berbeda-beda karena tergantung dari jenis kapal serta ukuran dan Gross tonnage kapal. Namun secara umum, ada point-point penting yang menjadi tolak ukur suatu perusahaan pelayaran dalam merekrut crew kapal termasuk dalam perekrutan 4th engineer. 

Persyaratan untuk menjadi Masinis 4 di atas kapal adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki sertifikat keahlian mesin (Engineering Officer Certificate of Competency) yang diakui oleh otoritas maritim nasional atau internasional.
  2. Memiliki pengalaman kerja sebagai engineer di kapal atau industri lain yang relevan.
  3. Memahami prinsip-prinsip pengoperasian sistem-sistem mesin dan peralatan teknik di kapal, serta dapat menggunakan peralatan dan alat ukur yang diperlukan.
  4. Memiliki kemampuan menulis dan berbahasa Inggris dengan baik, karena dokumen-dokumen teknis di kapal biasanya ditulis dalam bahasa Inggris.
  5. Memiliki sikap dan etika kerja yang baik, serta dapat bekerja dengan tim.
  6. Siap untuk bekerja dalam jadwal yang tidak teratur, karena di kapal biasanya terdapat sistem shift kerja.
  7. Memiliki kemampuan fisik yang memadai untuk menjalankan tugas-tugasnya di kapal.

Lalu berapa gajinya di atas kapal? Gaji 4th engineer di perusahaan pelayaran dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kapal, perusahaan pemilik kapal, dan lokasi operasi kapal. Selain itu, gaji 4th engineer juga dapat bervariasi tergantung pada tingkat pengalaman, kemampuan, dan kualifikasi yang dimiliki oleh 4th engineer tersebut. sesuai dengan pengalaman dan informasi yang penulis dapatkan gaji masinis 4 untuk kapal luar adalah sekitar 1600 usd - 2000 usd atau jika di rupiahkan sekitar Rp24.000.000,00 - Rp30.000.000,00

Demikian artikel singkat ini, dan terima kasih pada pengunjung blok ini semoga dengan membaca artikel yang ada dalam website karyapelaut dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca.

Post a Comment for "Tugas dan Tanggung Jawab Masinis 4 di Kapal"