Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Wilden Pump dan Penggunaannya Di Kapal Sesuai Prosedur

Ada banyak jenis pompa yang digunakan di Kapal dan salah satunya adalah Wilden Pump, yang memiliki peran penting dalam pengoperasian dan pencegahan pencemaran terhadap lingkungan laut. Terutama untuk jenis kapal yang bermuatan cair harus dilengkapi dengan alat ini untuk membantu dalam proses pembersihan tangki muatan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa semua peralatan harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi agar memberikan jaminan keselamatan dalam penggunaannya serta memberikan fungsi yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Melalui artikel ini saya akan membahas tentang Fungsi dan Cara penggunaan wilden pump sesuai dengan prosedur yang benar.

fungsi wilden pump dan penggunaannya di kapal

Wilden pump adalah pompa yang dioperasikan dengan bantuan tekanan udara menggunakan kompresor dengan prinsip kerjanya seperti piston yakni bergerak secara bolak-balik. Pompa ini sangat aman digunakan di atas kapal tanker karena tidak membutuhkan daya elektrik dalam penggunaannya sehingga tidak akan menimbulkan adanya percikan api atau muatan listrik.

Bahkan dipastikan dalam pengoperasiannya tidak akan terjadi panas yang yang berlebihan pada mesinnya sehingga dijamin keselamatannya saat dioperasikan di tempat yang memiliki daya ledakan yang tinggi. Namun meskipun dalam keadaan seperti itu, tetap harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui berbagai macam kerusakan yang mungkin terjadi.

Sebagai orang yang bekerja di bidang pelayaran mungkin saya hanya bisa memberikan penjelasan di bidang penggunaanya di kapal berdasarkan pengalaman pribadi dan masukan dari beberapa engineer.

Saya tertarik menulis artikel dengan topik ini karena pernah suatu hari saya mengalami kejadiaan dimana pompa ini merupakan suatu observation ketika ada SIRE inspection ketika ditemukan pompa ini tidak bekerja dengan baik. Lalu apa saja sebenarnya fungsinya yang sangat penting, berikut penjelasan selengkapnya.

Fungsi Wilden Pump di Kapal

Sebagai Alat Bantu Tank Cleaning

Terutama untuk jenis kapal tanker yang sebelum melakukan pemuatan suatu muatan maka harus terlebih dahulu melakukan tank cleaning (proses pembersihan tangki muatan). Pada dasar tangki terdapat sisa-sisa muatan cair yang harus dipindahkan agar tanki bisa mengering, namun sisa muatan tersebut merupakan jenis yang mudah terbakar saat terkena panas atau arus listrik.

Oleh karena itu dibutuhkan pompa yang aman yang tidak menghasilkan panas serta tidak menggunakan arus listrik dalam pengoperasiannya. Nah, wilden pump inilah yang memenuhi kriteria tersebut karena cukup dengan menggunakan kompresor saja mesinnya sudah dapat bekerja untuk memopa sisa minyak tersebut ke tempat pembuangan.

Sebagai Penanggulangan Pencemaran

Fungsi lainnya adalah sebagai alat untuk mengatasi pencemaran ketika terjadi tumpahan minyak di main deck kapal. Pompa ini harus ada yang dipersiapkan di main deck pada sisi kiri dan kanan yang diletakkan di dekat slop tank. Gunanya adalah sebagai alat alternatif yang digunakan untuk sedot tumpahan minyak dari main deck ke dalam slop tank.

Pada saat kapal melakukan cargo operation baik loading maupun discharge pompa ini harus dalam keadaan standby untuk siap digunakan setiap waktu. Bahkan ketika sebelum proses bongkar muat pengecekan harus dilakukan terlebih dahulu. Hal ini menandakan bahwa betapa pentingnya alat ini diletakkan pada posisi yang tepat.

Mempermudah Pekerjaan

Sudah menjadi fungsi utama dari alat ini bahwa setiap pekerjaan akan menjadi mudah, secara logika bahwa sulit dan membutuhkan waktu lama untuk bisa memindahkan sisa muatan dari dalam  Tangki yang sangat dalam seperti ketika memasukkan dalam wadah lalu ditarik dengan tali. Hal ini sangat tidak efektif dan tidak efisien. Namun, dengan bantuan wilden pump semua pekerjaan tersebut sangat mudah dan cepat.

Keuntungan Penggunaan Wilden Pump

Hampir semua kapal diharuskan memiliki pompa ini dengan alasan bahwa alat ini sangat memberikan banyak keuntungan dalam pengoperasian berbagai macam kegiatan. Berikut ini adalah keuntungan pada penggunaannya, antara lain:

  1. Tidak menggunakan sumber arus listrik sehingga tidak perlu takut adanya percikan listrik karena hanya membutuhkan udara atau angin sebagai powernya
  2. Tidak perlu takut terjadinya over heating pada mesin dan tidak menghasilkan panas yang dapat memicu ledakan jika digunakan pada zat cair yang mudah terbakar
  3. Tidak mudah terjadinya sumbatan pada pipa-pipanya
  4. Kekuatan pompa dan aliran cairan dapat diatur sesuai dengan keinginan
  5. Dapat dijalankan meskipun tidak ada hisapan tanpa khawatir terjadi kerusakan
  6. Dapat mengisap dan mengalirkan cairan yang kental tanpa terjadinya sumbatan
  7. Memiliki ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah diangkat dan dipindahkan cukup dengan satu orang
  8. Perawatannya sangat simple dan mudah karena tidak menggunakan minyak pelumas sehingga tidak akan terjadi keausan pada mesinnya

Cara Pengoperasiannya

Saya akan menjelaskan cara pengoperasiannya sesuai dengan prosedur standar keamanan yang diterapkan di kapal. Oleh karena itu mungkin akan sedikit berbeda dengan cara-cara yang dilakukan di tempat lain tetapi saya pikir tidak akan menimbulkan perbedaan yang besar.

Sebelum melakukan pengoperasian ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti usahakan untuk selalu menggunakan pelindung mata seperti kacamata ketika mengoperasikan pompa, Jika terjadi kerusakan pastikan power udara dari kompresor sudah terputus sebelum melakukan perbaikan dan perawatan.

Hal lainnya yang harus diperhatikan sebelum pengoperasian adalah Tekanan udara tidak boleh lebih dari 125 Psi disarankan untuk merelease angin selama 10 sampai 20 detik terlebih dahulu sebelum menghubungkan ke pompa, Cek klep dan semua baut dan kencangkan jika diperlukan, Pastikan menggunakan PPE dalam pengoperasiannya untuk memastikan keselamatan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika semua hal tersebut sudah dilakukan maka operasikan Wilden Pump dengan cara menghidupkan kompresor sebagai sumber powernya lalu kemudian hubungkan selang angin (Air Hose) pada pompa. Masukkan selang buang pada wadah sebagai tempat pembuangan atau pada pipa yang menuju ke Slop Tank, kemudian celupkan selang isap ke dalam cairan yang akan di isap, cek kembali untuk memastikan pompa bekerja dengan baik dan daya hisapnya dalam keadaan yang normal.

Cara Kerja Wilden Pump

cara kerja wilden pump di kapal

Pump ini melewati tiga langkah kerja yaitu sebagai berikut:

Langkah Pertama

Valve udara sebagai tempat masuknya tekanan angin ke titik A, angin langsung menuju tempat cairan lalu kemudian dipisahkan oleh bagian diafragma yang disebut elastomeric. setelah angin dan cairan terpisah maka tekanan angin akan membuat diafragma menjauh dari blok bagian tengah pompa dan ditarik masuk oleh poros pada diafragma yang berlawanan.

Titik B akan menghisap sehingga udara pada bagian belakang akan keluar melalui lubang buang pompa. gerakan pada titik B akan menuju ke bagian tengah blok sehingga vakum. Tekanan angin mendorong cairan ke dalam bagian masuk dan mendorong valve masuk terbuka. maka cairan akan mengalir melewati valve masuk dan mengisi ruang cairan pada bagian gambar yang gelap di atas.

Langka Kedua

Pada bagian titik A yakni pada tahap pembuangan air valve mengarahkan kembali tekanan angin ke bagian belakang titik B. Udara tersebut akan mendorong diafragma titik B menjauh dari bagian tengah dan menarik ke bagian A. Diafragma B mendorong valve masuk akibat adanya gaya hidrolik pada ruang cairan. gaya ini akan mengangkat valve Keluar sehingga terbuka. Gerakan diafragma pada titik A menuju bagian tenga pompa akan menciptakan vakum dalam ruang cairan. Tekanan udara mendorong cairan ke bagian masuk pompa.

Langkah Ketiga

setelah pada tahap akhir valve udara mengalihkan udara kebagian belakang titik A dimana pada tahap ini terjadi pembuangan pada bagian diafragma B sehingga akan mencapai tahap seperti pada tahap awal yang artinya setiap diafragma sudah melalui satu langkah buang dan satu langkah hisap, hal ini membentuk satu siklus pemompaan yang akan terjadi secara berulang sehingga cairan yang dihisap menjadi habis.

Mengatasi Kerusakan Pada Wilden Pump

Banyak jenis masalah yang mungkin terjadi dan setiap permasalahan dan kerusakan ada langkah-langkah untuk memperbaikinya.

Pompa tidak dapat menghisap

  1. Periksa saringan masuk udara dan filter udara dan pastikan tidak terdapat kotoran yang menghambat aliran cairan. Saringan yang kotor akan menghaling cairan mengalir secara sempurna.
  2. Periksa Semua Valve seperti Valve udara bersihkan secara berkala agar tidak terjadi kemacetan dalam penghisapan.
  3. Cek bagian valve jika terjadi keausan ditandai dengan warna yang sudah kusam atau berbeda dari warna yang seharusnya. Normalnya akan berwarna terang dan bersinar. Jika rusak maka lakukan pergantian.
  4. Cek dan periksa ring kemungkinan juga terjadi keausan apalagi ketika mesin sudah lama tidak dilakukan perawatan, disarankan untuk menggunakan ring yang standar seperti ring Glyd TM.
  5. Gunakan pelumas yang direkomendasikan agar tidak terjadi kemacetan pada piston yang mengakibatkan putaran tidak teratur. Disarankan untuk menggunakan minyak pelumas hidrolik ISO 15-5 wt.

Pompa jalan namun tidak ada daya hisap dan aliran

  1. Kurangi kecepatan pompa dengan menyesuaikan jenis cairan yang sedang di pompa karena tergantung pada kekentalan pada cairan dan periksa juga kavitasi.
  2. Cek dan Periksa pada sticking ball dan O-ring dan pastikan tidak terjadi kemacetan, Jika cairan terlalu kental yang bersifat kompatibel dapat membuat O-ring membengkak disarankan untuk melakukan pergantian.
  3. Periksa semua sambungan, klep dan valve, pastikan tidak terjadi kebocoran terutama pada bagian inlet.

Inilah penjelasan yang dapat saya jabarkan dalam memberikan pemahaman mengenai penggunaan wilden pump yang selalu digunakan di kapal dalam keperluan pengoperasian. Semoga memberikan manfaat buat sobat pelaut yang mencari referensi.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Fungsi Wilden Pump dan Penggunaannya Di Kapal Sesuai Prosedur"