Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin LULUS MARLIN TEST Berikut Tips dan Triknya Agar Sukses

Pengertian Marlin Test

Marlin Test adalah sebuah tes online yang dikeluarkan oleh ISF menguji tingkat kemampuan bahasa Inggris para pelaut. Kemampuan yang dimaksud seperti mendengarkan, membaca, Grammar, kosa kata, serta kemampuan membedakan angka dan waktu.

setiap pelaut memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan besar atau paling tidak berharap dapat menjadi salah satu ABK di perusahaan yang masuk dalam daftar 100 perusahaan besar di dunia. Berbicara tentang perusahaan pelayaran tentu bagi pelaut sudah tidak asing lagi dengan  perusahaan Offshore seperti Aramco. Aramco merupakan perusahaan minyak Arab Saudi yang menjadi produsen minyak terbesar di dunia yang dimiliki oleh Negara Arab Saudi.

Untuk menjadi bagian dari perusahaan besar seperti Aramco salah satu syaratnya adalah memiliki sertifikat marlin. Sebagian besar perusahaan Pelayaran di berbagai negara sudah mewajibkan bagi pelaut untuk memiliki sertifikat tersebut. Beberapa pelaut Indonesia kesulitan dalam menghadapi soal-soal marlin. Selain karena tidak berani mencoba juga disebabkan oleh kurang memahami soal-soalnya. Melalui artikel ini saya akan membahas dengan lengkap tentang Marlin Test.

Marlin test diperuntukkan bagi semua Awak kapal mulai dari jabatan Ab dan Oiler hingga Nahkoda, serta semua ABK bagian deck dan mesin bahkan juga pada staff kantor atau crewing manager. Meskipun batas nilai untuk staf kantor memiliki perbedaan dengan pelaut. 

Untuk pelaut jumlah soal terdiri atas 85 nomor yang memiliki batas waktu pengerjaannya 60 menit, sedangkan  jumlah untuk staf kantor berjumlah 50 nomor dengan batas waktu pengerjaan hanya 30 menit.

Skor yang harus dicapai untuk memiliki sertifikat marlin berbeda-beda tergantung pada jabatan di kapal. Untuk perwira seperti officer dan engineer harus memperoleh skor minimal 70 % sampai 80 % setiap bagian. Sedangkan untuk rating seperti AB dan Oiler harus memperoleh skor minimum 60 % sampai 65 % setiap jenis soalnya. Jenis soal yang dimaksud adalah listening, grammar, vocabulary, time and number, pronunciation dan reading.

Jenis-jenis Marlin Test dan Contoh Soalnya

Marlin test terdiri atas 85 nomor yang terbagi dalam 6 jenis soal antara lain:

  • Listening ( 25 Soal )
  • Grammar ( 30 Soal )
  • Vocabulary ( 14 Soal )
  • Time and Number ( 5 Soal )
  • Pronunciation ( 1 Soal/6 kotak )
  • Reading ( 5 soal )

Dari ke-6 jenis soal di atas saya akan bahas satu per satu beserta contoh soalnya, agar sobat pelaut dapat memahami dengan baik.

1. Listening

Listening artinya mendengarkan jadi kita mendengarkan sebuah dialog atau diskusi kemudian dari dialog tersebut muncul pertanyaan. Pendengaran yang baik disertai dengan pemahaman sangat dibutuhkan dalam bagian ini. Konsentrasi dibutuhkan untuk menghindari kesalahan dalam menjawab soal yang menjebak.

Jenis soal listening terdiri atas dua bagian, yang pertama adalah mengisi bagian yang kosong (…) dengan cara mendengar sebuah dialog. Kedua adalah mendengarkan dialog atau diskusi dari soal tersebut secara keseluruhan kemudian menjawab pertanyaan yang sesuai dengan dialog tersebut.

Contoh soal Listening: "I am afraid we don't have enough time to ____ the emergency pump."

soal jawab Marlin Tes

2. Grammar

Untuk Grammar terdiri atas 3 jenis soal yaitu preposition (kata depan), Tenses, dan Struktur kalimat. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya :

Preposition

Seperti yang kita ketahui bahwa Preposition adalah kata penghubung yang menghubungkan Antara noun dan pronoun. Contoh Preposition adalah in, of, to, by, for, with, under, above, after, inside dan sebagainya. 

Contoh soalnya seperti: 

The rating had to work all night and the next day the complained of lack ..... sleep.

soal preposition

Tenses

Tenses adalah tata bahasa yang memerlukan penggunaan kata kerja (verb) yang dikaitkan dengan waktu penggunaannya. Tenses disebut juga bentuk waktu dalam Bahasa inggris. yang pada dasarnya terdiri atas 16 tenses, dalam soal Marlin hanya ada beberapa tenses yang sering paling sering ditemukan antara lain: 

  • Simple present tense
  • Simple past tense
  • Simple future tense
  • Present perfect tense
  • Passive Voice

Sebelum menghadapi Marlin test ada baiknya jika belajar terlebih dahulu tentang ke-4 tenses tersebut. Simple present tense digunakan untuk hal yang umum, fakta dan sejenisnya. Dalam soal ini terdapat gambar dan tiga buah kalimat. Maka kita memilih kalimat yang tepat menjelaskan gambar yang ada berdasarkan aktivitas yang terjadi.

Berikut contoh soal marlin test grammar pada bagian tenses:

Choose the statement that describes the picture

  • The crew have donned their life jackets
  • The crew are going to don their life jackets
  • The crew do not have their life jackets

soal tenses

Struktur Kalimat

Pada bagian ini terdapat sebuah kalimat yang masih teracak dan tugas kita adalah menyelesaikan soal ini dengan cara menyusun kalimat tersebut hingga menjadi kalimat yang utuh dengan struktur yang benar. Contoh soalnya seperti (is source of main pollution the marine oil) kalimat tersebut harus disusun secara benar.

Struktur Kalimat

3. Vocabulary

Vocabulary atau perbendaharaan kata/kosa kata. Untuk menjawab jenis soal ini tidak ada trik khususnya. Satu-satunya cara agar bisa melewati tes ini dengan sukses adalah dengan memperbanyak penguasaan kosa kata. 

Langkah terbaik untuk meningkatkan vocabulary adalah dengan sering melatih diri dalam mengerjakan contoh soal marlin test.  Tipe soal Vocabulary terdiri atas 3 bagian antara lain:

  • Grup Kata
  • Menunjuk gambar
  • Kategori kata
Agar sobat dapat memahami dengan jelas maka saya akan jelaskan satu persatu.

Group Kata (Pengelompokan)

Soal ini memberikan 4 kata dimana 3 dari kata tersebut merupakan satu kelompok (memiliki hubungan) sedangkan 1 dari kata tersebut yang tersisa  tidak memiliki hubungan dengan ke-3 kata lainnya adalah jawabannya. Berikut contoh soalnya. 

Perhatikan ke-4 kata berikut :
Tidy = Rapi    
Neat = Rapi 
Clean = Bersih
Messy = Kotor/berantakan   

dari kata tersebut Tidy, Neat dan Clean memiliki hubungan atau memiliki arti yang hampir sama. Sedangkan Messy tidak memiliki hubungan dari ketiga kata yang lainnya, maka jawaban yang benar adalah Messy.

Soal marlin test vocabulary

Menunjuk Gambar

Pada soal ini terdapat sebuah gambar dan 5 buah kata, dimana ke-5 kata tersebut akan diarahkan kedalam gambar pada posisi yang sesuai dengan nama dari kata tersebut. Untuk memahaminya perhatikan gambar di bawah ini. Kata yang berada di sebelah kiri digeser dan dipindahkan ke gambar yang sesuai.

menunjuk gambar

Kategori kata

Dalam soal ini terdapat 3 kotak dan 6 kata, dimana ke-6 kata tersebut akan dimasukkan ke dalam kotak yang tersedia berdasarkan kesesuain dengan kategorinya. Untuk memahaminya perhatikan gambar di bawah ini.

kata yang berada di sebelah atas dimasukkan ke dalam kotak yang berada di bagian bawah dan disesuaikan dengan kategorinya masing-masing.

kategori kata

4. Time and Number

Time dan number adalah jenis soal marlin test yang cukup mudah, hanya dengan menguasai angka, waktu, jam dan tanggal. Contoh soalnya seperti ini "It says on the itinerary that the ferry leaves at 2400 hours. Waktu 2400 hours menunjukkan sebagai tengah malam. Jadi jawaban yang tepat adalah Midnight

Time and Number

5. Pronunciation

Dalam soal marlin jenis pronunciation terdapat 4 kata, pada setiap kata ada huruf yang digaris bawahi, kata yang digaris bawahi tersebut akan kita pilih, mana yang bunyinya berbeda. Artinya tiga kata memiliki bunyi yang sama sedangkan satu kata bunyinya berbeda, maka itulah jawabannya.

Untuk memahaminya dengan baik berikut ini contoh soalnya, perhatikan ke-4 kata ini dan huruf yang digaris bawahi pada setiap kata :

  • Steady (StediI) berarti ea bunyi e
  • Bread  (Bred)   berarti ea bunyi e
  • Ready (Redi)    berarti ea bunyi e
  • Beam (Bimm)  berarti ea bunyi i, maka Inilah jawabannya karena berbunyi berbeda.

Pronounciation

6. Reading

Ini merupakan jenis soal yang terakhir dalam marlin test. Dalam soal ini terdapat 2 atau lebih paragraf namun dalam paragraf tersebut ada kata yang kosong, bagian yang kosong inilah yang harus diisi.

Berikut contoh soalnya :

  • Many materials used on board ships have health and safety implication for personnel (...) them
  • All dangerous (...) are only to be used in accordance with the manufacturer's instructions.

Reading Marlin tes

Cara dan Tips Menjawab Soal Marlin Test

Untuk menjawab soal Marlin Test dengan sukses, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Pahami Jenis dan Bentuk Soalnya

Sebelum mulai mengerjakan soal marlin kita saya terlebih dahulu mempelajari jenis dan bentuk soalnya. Jika semua jenis soalnya telah dipahami maka akan memberikan kemudahan memahami apa perintah dari setiap soal. Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa terdapat beberapa bentuk pertanyaan yang berbeda-beda. Jika kita sudah memahaminya maka hanya dengan melihat bentuk pertanyaannya kita sudah dapat menebak apa maksud dari pertanyaan. Dengan cara ini maka waktu kita juga tidak terbuang sia-sia.

Secara khusus untuk jenis speaking, trik untuk menjawab soalnya adalah :

  • Sebelum mengklik tombol play pada halaman soal terlebih dahulu baca soalnya serta pahami dengan baik. 
  • Setelah itu baca pulah setiap option jawabannya. 
  • Kesempatan untuk mendengarkan setiap soal hanya 2 kali sehingga harus mempergunakan kesempatan itu dengan baik.
  • Dengarkan secara seksama dan pahami inti dari dialog yang anda dengar. 
  • Biasanya jawabannya berada pada awal dialog atau akhir dialog.

2. Latihan Mengerjakan Soal Marlin

Yang saya lakukan beberapa bulan sebelum mengikuti tes adalah melakukan latihan sesering mungkin. Saya menyiapkan soal-soal dan membacanya setiap hari. Latihan yang dilakukan setiap hari akan membuat otak dan alam bawa sadar kita semakin optimis dan yakin bahwa saya dapat melewati ujian marlin test dengan sukses.

Latihan soal adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi Marlin Test. Latihan soal akan membantu Anda untuk membiasakan diri dengan jenis-jenis soal yang muncul di tes, serta meningkatkan kecepatan dan ketepatan Anda dalam menjawab soal.

Anda dapat menemukan soal Marlin Test di berbagai sumber, seperti buku, website, atau aplikasi. Anda juga dapat mengikuti simulasi tes Marlin Test yang diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar.

3. Mengikuti Bimbingan Belajar 

Untuk menjawab soal Marlin Test dengan baik, kita harus mempelajari materi yang relevan. Materi tersebut dapat berupa pelajaran sekolah, materi kuliah, atau materi yang dipelajari di tempat kursus.

Kita dapat mempelajari materi ini secara mandiri atau dengan mengikuti bimbingan belajar. Apabila sobat mengikuti bimbingan belajar, pastikan bahwa lembaga tersebut dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. 

4. Tetap Tenang dan Fokus

Hal yang paling penting adalah ketenangan dan fokus selama mengerjakan soal. Kita tidak boleh panik apabila menemukan kendala pada bagian soal tertentu. Jika ada soal yang sulit dapat dilewati satu kali kemudian melanjutkan ke soal yang dianggap lebih gampang. Setelah semua soal terjawab jangan lupa kembali ke bagian soal yang belum selesai. 

5. Beristirahat yang Cukup

Ketika akan melakukan tes marlin maka pastikan 3 hari sebelumnya waktu istirahat sobat cukup agar otak dapat berkonsentrasi penuh ketika membaca dan mendengarkan dialog. Istirahat yang cukup akan daya tangkap pikiran cepat dan hal ini sangat membantu pada saat kita menghadapi suatu ujian termasuk ujian marlin.

Demikianlah pembahasan singkat saya tentang marlin test ini semoga memberikan manfaat bagi setiap pelaut dan siapapun yang mengunjungi website karya pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.