Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cadet Deck Harus Lakukan Hal ini agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Bagi cadet deck dan cadet mesin yang masih berstatus sebagai taruna di Akademi Pelayaran, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menjadi sebagai Perwira. Hal-hal ini sangat penting karena akan sangat berpengaruh besar dalam dunia kerja dan karir anda sebagai pelaut. Hal-hal yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut.

Cadet Deck dan Cadet Mesin Harus Lakukan ini

1. Belajar Bahasa Inggris

cadet deck belajar bahasa inggris
sumber gambar : pixabay

Bahasa inggris merupakan Bahasa Internasional yang dapat digunakan di seluruh negara bahkan dunia. Sama halnya bagi pelaut jika ingin berlayar ke luar negeri maka yang menjadi syarat utamanya adalah mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris dengan baik. Bahkan beberapa perusahaan dalam negeri pun ketika melaksanakan interview kerja mengutamakan para pelaut yang dapat berkomunikasi dalam Bahasa inggris. Untuk kalian yang masih berstatus taruna atau cadet maka jangan menyia-nyiakan waktu untuk belajar Bahasa inggris, karena hal ini akan memberikan begitu banyak manfaat nantinya setelah kalian memegang ijazah dan masuk ke dunia kerja. Begitu banyak para pelaut sekarang ini yang sangat ingin berlayar ke luar negeri namun mereka terbengkalai dengan ketidakmampuan dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris 

Baca juga : Materi Interview Cadet Deck

2. Belajar Komputer

belajar komputer
sumber gambar : pixabay

Baik jurusan Deck ataupun jurusan mesin diharuskan mampu mengoperasikan komputer di atas kapal dengan baik. pengoperasian yang dimaksud bukan dalam skala yang besar melainkan pengoperasian tingkat dasar seperti Microsoft word, Microsoft excel, internet dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pekerjaan di atas kapal. Oleh karena itu bagi kalian yang masih sedang dalam tahap pendidikan pelayaran, harus benar-benar mempelajari pengoperasian komputer dengan baik. Sebab hal itu tidak akan lepas ketika anda menjalankan tugas dan tanggung jawab di atas kapal sebagai perwira. Selain itu penguasaan dalam pengoperasian komputer akan memudahkan kalian dalam memahami alat alat navigasi yang berbasis elektronik. 

3. Belajar Alat-alat Navigasi

belajar alat alat navigasi
sumber gambar : pixabay

Secara khusus untuk kalian yang mengambil jurusan nautika atau bagian deck maka jangan perna menyepelekan pelajaran dan praktek yang berhubungan dengan alat-alat navigasi kapal. Mengapa ? Karena pemahaman terhadap alat navigasi kapal merupakan tugas utama ketika telah menjadi perwira di atas kapal. Ketika anda tidak mampu mengoperasikan alat-alat navigasi di atas kapal maka akan sangat berbahaya terhadap keamanan dalam pelayaran yang dapat menimbulkan dampak buruk yang sangat besar. Jadi selama dalam pendidikan di akademi pelayaran jangan perna mengabaikan praktek simulator di tempat kalian menyandang sebagai taruna.

4. Memahami Ilmu Dasar dalam Pelayaran

ilmu dasar dalam pelayaran
sumber gambar : pixabay

Segalah tindakan di atas kapal didasari oleh teori yang diperoleh pada saat anda berada dalam bangku pendidikan di Akademi Pelayaran. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami segala ilmu dasar yang anda dapatkan selama perkuliahan karena teori-teori tersebut akan menjadi landasan serta petunjuk dalam mengambil tindakan dan melaksanakan tanggung jawab di atas kapal nantinya.

5. Bangun dan Perluas Relasi

bangun relasi
sumber gambar : pixabay

Bagi setiap orang baik dalam dunia pendidikan maupun dalam dunia kerja membangun relasi adalah hal yang sangat penting. Semakin luas relasi maka semakin mudah pula dalam mendapatkan suatu informasi. Hal ini juga berlaku bagi setiap pelaut, bahkan bisa dikatakan bahwa luasnya relasi yang dimiliki menjadi penentu besar dalam mendapatkan pekerjaan. Hal ini demikian karena informasi lowongan pekerjaan akan sangat mudah anda dapatkan. Mengingat sekarang sudah saman teknologi sehingga informasi begitu sangat mudah menyebar. Namun jika anda membatasi relasi dalam pergaulan maka anda akan sulit berkenalan dengan orang-orang baru. Oleh karena pastikan diri anda membangun pergaulan dan relasi yang baik sejak dari awal.

Baca juga : Soal Jawab Interview Cadet di Perusahaan Pelayaran

6. Aktif dalam Organisasi di Kampus

aktif dalam organisasi
sumber gambar : pixabay

Menjadi salah satu anggota dalam organisasi di kampus merupakan proses awal dalam tahap pembelajaran sebagai pemimpin dalam suatu kelompok. Jika anda cukup aktif dalam organisasi kampus maka ketika anda menjadi perwira di atas kapal anda akan memiliki kemampuan dasar dalam memimpin anak buah kapal dengan tegas namun berwibawa. Sifat tegas dan sifat berwibawa bisa anda latih saat anda menjadi pemimpin dalam organisasi di kampus. Oleh karena itu jangan perna mengabaikan kegiatan-kegiatan organisasi selama anda dalam pendidikan akademi pelayaran.
Selain itu dengan aktifnya anda dalam organisasi di akademi pelayaran, akan membentuk karakter anda dan mental anda dalam mengambil suatu keputusan yang tepat.

7. Olahraga Secara Teratur

olahraga
sumber gambar : pixabay

Olahraga adalah hal yang sangat penting anda lakukan secara rutin. Dengan melakukan olah raga secara teratur akan membuat tubuh anda semakin fit dan sehat dalam menghadapi segala keadaan. Bekerja di atas kapal bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu persiapan harus dilakukan sebaik mungkin, terlebih ketika pertama kalinya anda naik kapal maka kekuatan fisik anda benar-benar di uji karena harus mampu dan kuat menghadapi ombak, alun dan hal lainnya. Nmaun jika anda sudah mempersiapkan tubuh anda terlebih dahulu dengan melakukan latihan olahraga secara teratur maka bisa dipastikan anda akan sanggup menghadapi goyangan ombak dan alunan alun di atas kapal. Selama masih dalam tahap pendidikan sebisa mungkin luangkan waktu untuk latihan dan berolahraga agar kekuatan dan daya tahan fisik anda semakin kuat.