Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Berita NAVTEX (Navigation Telex) Di atas Kapal

Pengertian Navtex

cara membaca berita navtex
Sumber gambar : merine insight

Navtex adalah alat navigasi yang digunakan kapal untuk menerima pancaran berita keselamatan secara otomotas, Navtex (Navigation Telex) harus diketahui oleh perwira deck di atas kapal terutama bagi mualim 2 sebagaimana yang bertanggung jawab dalam pengoperasian dan perawatan alat navigasi.

Sejak awal perencanaan pelayaran, seorang navigator membutuhkan informasi terkini yang akan mempengaruhi perjalanan kapal. Informasi terpenting bagi kapal adalah informasi yang berkaitan dengan keselamatan termasuk Informasi Keselamatan Maritim.

Sebelum membuat haluan yang dilayari oleh kapal seorang navigator membutuhkan berbagai informasi keselamatan untuk memastikan keamanan dalam pelayaran. Informasi-informasi tersebut dapat diperoleh dari navigation telex secara otomatis. 

Sehingga dapat dikatakan bahwa kehadiran system ini cukup mempermudah pekerjaan  perwira di atas kapal dalam mendapatkan informasi cuaca (Navigation Warning)

Alat ini dapat digunakan di kapal dari semua jenis dan ukuran. Wilayah yang dicakup oleh Navigation telex dapat mencapai sejauh 400 mil laut dari stasiun penyiaran. Penerima navigation telex di atas kapal mencetak peringatan dan prakiraan navigasi dan meteorologi serta Informasi Keselamatan Laut yang bersifat mendesak (emergency) ke kapal.

System ini merupakan elemen penting dalam GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System) karena menggunakan fitur radio telex atau Narrow Band Direct Printing (NBDP) untuk penyiaran fxf  informasi secara otomatis.

Sistem Kerja

Navigation telex bekerja pada frekuensi 518 kHz untuk frekuensi menengah. Frekuensi 490 kHz juga digunakan oleh beberapa negara untuk siaran secara nasional yang disebut juga navigation telex nasional.

Jika penerimaan frekuensi menengah sulit, maka transmisi dapat dilakukan pada Frekuensi 4209,5 kHz. Pengaturan default di Navtex adalah 518 kHz

Seluruh dunia dibagi menjadi 21 area yang dikenal sebagai NAVAREAS (termasuk 5 area yang baru-baru ini diperkenalkan untuk wilayah Arktik) untuk tujuan penyebaran informasi ini.

Setiap Navarea memiliki beberapa stasiun yang selanjutnya membantu dalam mentransmisikan pesan.

Semua penerima sistem ini dapat diprogram untuk memungkinkan perwira navigasi memastikan bahwa hanya pesan dari Stasiun yang dipilih yang ditampilkan atau dicetak.

Menu SELECTING STATION di bawah opsi Menu di Receiver memungkinkan petugas untuk memilih stasiun yang diinginkan secara otomatis atau manual.

Pada pemilihan otomatis, navigation telex menerima Informasi Keselamatan Laut untuk area tempat kapal berada secara terus menerus dan tanpa keterlibatan pengguna.

Jika data posisi kapal diketahui dari peralatan navigasi seperti GPS, alat ini akan secara otomatis memutuskan di NAVAREA dimana kapal sedang melakukan navigasi saat ini dan dengan demikian memilih Stasiun yang sesuai. Dalam mode manual, perwira navigasi dapat memilih stasiun mana yang ingin dia terima.

Daftar Stasiun dapat ditemukan di Daftar Admiralty Radio Signal Volume 3 Bagian 1 dan di List of Coast Stations and Special Service Stations (List IV) untuk digunakan sebagai referensi.

Jenis Berita pada Navtex

  • A = Navigational Warning (Peringatan Navigasi)
  • B = Meteorological Warning (Peringatan Meteorologi)
  • C = Ice report (Laporan es)
  • D = Search and Rescue Information/ piracy and armed robbery (Pencarian dan Penyelamatan Informasi / pembajakan dan perampokan bersenjata)
  • E = Meteorological forecast (Prakiraan meteorology)
  • F = Pilot messages (Pesan percontohan)
  • G = AIS messages (pesan AIS sebelumnya pesan Decca)
  • H = Loran C messages (Pesan Loran C)
  • I = Omega messages (pesan Omega)
  • J = Satnav messages (Pesan Satnav GPS atau GLONASS)
  • K = Other electronic navigational aid system messages (Pesan sistem bantuan navigasi elektronik lainnya)
  • L = navigational warnings (peringatan navigasi tambahan)
  • M ke U = Reserve (Cadangan)
  • V = Notice to fisherman (Pemberitahuan untuk nelayan)
  • W ke Y = Reserve (Cadangan)
  • Z = No messages on hand (Tidak ada pesan di tangan)

Dari jenis berita di atas terdapat 4 kode dan jenis berita yang tidak boleh di tolak. 

Jenis berita yang tidak bisa ditolak oleh Navtex

  1. A = Navigational Warning (Peringatan Navigasi)
  2. B = Meteorological Warning (Peringatan Meteorologi)
  3. D = Search and Rescue Information/ piracy and armed robbery
  4. L = navigational warnings (peringatan navigasi)

Alarm suara juga dapat diatur ketika jenis pesan A, B, D atau L diterima. Alarm ini hanya dapat disetel ulang secara manual.

Juga harus dicatat bahwa ketika memprogram jenis pesan yang akan diterima, harus dengan ketelitian penuh untuk memastikan bahwa hanya yang diperlukan dan yang penting yang diprogram untuk penerimaan. Jika tidak, banyak kertas akan terbuang percuma atau seseorang harus menelusuri banyak pesan jika siaran diterima dalam bentuk soft copy.

Format Pesan pada Navtex

Pesan di Penerima muncul dalam format seperti pada daftar berikut ini :

ZCZC b1 b2 b3 b4 PESAN UTAMA NNNN

Cara membaca pesan dan berita tersebut adalah :

  • ZCZC : Ini adalah kode awal, Ini menunjukkan awal pesan.
  • B1: Karakter ini mewakili ID Stasiun.
  • B2: Karakter ini disebut Indikator Subjek, Ini digunakan untuk mewakili jenis pesan. (A sampai Z)
  • Karakter B1 dan B2 digunakan oleh penerima navtex untuk menolak pesan dari stasiun tentang subjek yang tidak menarik bagi perwira jaga atau petugas navigasi.
  • B3 dan B4: adalah 2 digit nomor seri untuk setiap pesan.
  • NNNN: Ini menunjukkan akhir pesan.
  • Karakter B3 dan B4 digunakan oleh penerima untuk mencegah pengulangan pesan yang sudah diterima.

Untuk lebih memahaminya perhatikan contoh pesan berikut. 

ZCZC OA20
WZ 1593
Skotlandia, Pantai Barat
Pelampung lampu kardinal Utara 58.01.2N 005.27.1W
telah ditarik secara permanen.
Batalkan WZ 1562
NNNN

Setiap pesan memiliki informasi di dalam header pesan, dalam contoh pesan di atas:

  • "O" menunjukkan siaran dari stasiun, di sini radio Portpatrick
  • “A” menunjukkan pesan kategori peringatan navigasi
  • '20' menunjukkan urutan prioritas pesan peringatan navigasi

Hal Penting yang harus diperhatikan pada RECEIVER CHECKLIST

  1. Setiap perwira harus memastikan bahwa ada cukup gulungan kertas yang tersedia di kapal setiap saat.
  2. Penting untuk memeriksa apakah ada kertas di penerima agar tidak ada pesan penting yang terlewat.
  3. Dianjurkan untuk meninggalkan dalam keadaan ON (Aktif) setiap saat untuk menghindari kemungkinan kehilangan informasi penting yang mungkin mempengaruhi kapal selama pelayarannya.
  4. Pastikan manual pengoperasian tersedia di bridge.
  5. Salinan plastik NAVAREA / METAREA di mana kapal kemungkinan besar akan berlayar, menunjukkan stasiun Navtex, jangkauan jangkauannya dan jadwal waktu masing-masing harus tersedia di posisi dekat dengan peralatan.
  6. Panduan praktis untuk pemrograman, status dan prosedur pengujian otomatis dapat dibuat dan disimpan bersama peralatan.
  7. Tes rutin harus dilakukan untuk memeriksa kinerja peralatan.
  8. Perhatian ekstra harus diberikan agar tidak membingungkan pemrograman karakter B1 (penanda stasiun) dengan karakter B2 (jenis pesan).

Alat ini wajib dimiliki oleh semua kapal yang disetujui SOLAS. Ini adalah peralatan kecil tapi sangat berperan penting dalam keselamatan pelayaran setiap kapal karena memberikan informasi keselamatan yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan khusus setiap kapal.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.