Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Drill di Kapal yang Harus Pelaut Ketahui

Apa itu Drill

Drill adalah suatu latihan yang dilaksanakan di atas kapal yang bertujuan untuk memberi pemahaman dan pelatihan bagi semua crew kapal sehingga setiap crew mengetahui tanggung jawab dan tugasnya serta  tindakan yang harus dilakukan bila mana terjadi keadaan darurat di atas kapal. 

drill

Drill dilaksanakan berdasarkan aturan dan referensi dalam SOLAS. Ada yang harus dilakukan setiap bulan ada pula yang dilakukan per tiga bulan, per empat / enam bulan dan ada juga sekali setahun. Tergantung pada SOLAS Requariment dan managemen Perusahaan kapal tersebut. Dalam setiap pelaksaannya harus ada laporannya secara tertulis yang ditanda tangani master/capten dan semua crew kapal sebagai bukti bahwa semua crew ikut berpartisipasi dan telah memahami pelatihan itu. Laporan tersebut harus di kirim ke kantor/managemen kapal setiap bulan serta difilekan di atas kapal sebagai persiapan saat menghadapi audit atau inspeksi kapal. 

Jenis-jenis Drill

Inilah jenis-jenis drill yang ada di atas kapal, yaitu sebagai berikut.

  1. Fire / explosion (kebakaran)
  2. Abandon ship / life boat drill (meninggalkan kapal)
  3. Oil spill (Tumpahan Minyak / pencemaran lingkungan)
  4. Man Over Board (orang jatuh ke laut)
  5. Enclosed space rescue (Memasuki ruang tertutup)
  6. Steering failure (latihan kemudi darurat)
  7. Collision Drill (tubrukan)
  8. Grounding and stranding (kandas)
  9. Engine room flooding 
  10. Emergency generator / ship black out procedure
  11. Security drill (latihan penanganan bajak laut/perompakan)
  12. Toxic vapors release (keracunan zat beracun)
  13. PV Fire drill (kebakaran pada PV)
  14. Person Injury Evacuation (penanganan korban kecelakaan)
  15. Pandemic crisis (penanganan wabah berbahaya)

Itulah beberapa daftar drill yang normalnya dilakukan di atas kapal, namun banyak sedikitnya pelatihan tersebut sangat bergantung pada jenis kapal. 

Kapan melaksanakan drill di atas kapal

Drill di atas kapal dilaksanakan setiap bulannya dimana semua crew kapal wajib ikut serta agar mereka familiar mengenai tugas dan tanggung jawabnya dalam menghadapi keadaan darurat di atas kapal. Namun ada beberapa pelatihan yang tidak harus dilakukan setiap bulan melainkan pe rtiga bulan, per empat bulan atau per enam bulan semua tergantung pada aturan SOLAS dan managemen kapal. 

Misalnya security drill, berdasarkan aturan dalam SOLAS pelatihan ini harus dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam 3 bulan.

Siapa yang membuat drill di atas kapal

Yang mempersiapkan pelaksanaan drill di atas kapal adalah Mualim 3 (Third Officer) yang tentunya di bawah pengawasan Chief Officer / mualim 1. Waktu pelaksanaannya harus ditentukan kemudian dikonfirmasikan kepada Chief Engginer terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kegiatan atau pekerjaan lainnya yang akan saling bertubrukan untuk menghindari adanya crew yang tidak ikut. 

Namun perlu digaris bawahi bahwa dalam pelaksanaan dril tetap aka nada crew yang stand by di atas anjungan (bridge) dan di kamar mesin (Engine room) setidak-tidaknya masing-masing satu orang. 


Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.