Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Fungsi dan Isi Fire Plan Kapal, Pelaut Harus Paham

Fire Plan merupakan dokumen penting yang harus ada di kapal sebagaimana yang tertulis dalam SOLAS Convention Regulation 15 Chapter II. Dokumen ini tidak hanya memberikan panduan tentang rincian alat pemadam kebakaran, tetapi juga menunjukkan jalur evakuasi di kapal. 

Fire control plan salah satu kunci keselamatan di laut, memastikan bahwa semua orang di kapal memiliki pengetahuan dan persiapan yang diperlukan untuk mengatasi situasi darurat seperti kebakaran dengan cepat dan efektif.

Begitu banyak informasi penting yang dapat kita temukan dalam denah ini yang berhubungan dengan keselamatan seperti sistem pemadam kebakaran untuk setiap deck kapal, alarm kebakaran, escape route dan sebagainya. 

Agar sobat pelaut dapat memahami dengan baik maka melalui artikel ini saya akan membahas lebih detail tentang Fire Plan yang selalu kita jumpai di kapal. 

Apa Itu Fire Plan

fungsi dan isi fire plan kapal

Fire Plan adalah dokumen yang berbentuk denah atau gambar yang berisi informasi lengkap tentang sistem pemadam kebakaran kapal dan informasi detail tentang letak, posisi dan jumlah alat keselamatan serta alat pemadam kebakaran. Sebagaimana persyaratan dalam SOLAS Aturan 15 Chapter II: bahwa setiap kapal diwajibkan memiliki dokumen ini dan harus tersedia di kapal.

Letak dan jumlah alat keselamatan di kapal haruslah merujuk pada fire control plan, jadi sobat yang akan melakukan familiarization terhadap alat keselamatn maka untuk memudahkan mengetahui letaknya di mana dan jumlahnya berapa, maka cukup dengan melihat pada denah ini.

Fire Control Plan bukanlah sebuah kertas atau denah biasa sebagai persyaratan untuk badan klasifikasi atau Port State Control (PSC) tetapi merupakan dokumen yang sangat berguna dan penting untuk di pahami setiap crew yang ada di kapal.

Fire Plan membantu para petugas pemadam kebakaran untuk mendapatkan berbagai informasi tentang system pemadam sehingga akan memudahkan dalam mengendalikan api saat terjadi kebakaran.

Fire plan harus tersedia dalam bahasa lokal dan bahasa inggris, artinya bahwa penjelasan didalamnya harus berisi dua bahasa. Bahasa sehari-hari crew kapal dan bahasa inggris. Bahasa sehari-hari berdasarkan pada flag kapal tersebut. 

Jika kapalnya flag Indonesia maka bahasanya harus tersedia dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, mengapa demikian? Karena sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa setiap crew harus mampu memahami penjelasan yang tertulis dalam fire control Plan makanya disediakan juga bahasa lokal.

Apa Fungsi Fire Plan

Fire Control Plan berfungsi untuk memberikan petunjuk bagi crew kapal dan petugas pemadam kebakaran tentang informasi letak alat pemadam kebakaran yang dapat digunakan untuk mempermudah proses evakuasi dan tindakan penyelamatan jika terjadi kebakaran.

Agar lebih mudah dipahami, berikut ini beberapa fungsi Fire Control Plan antara lain:

  1. Sebagai denah yang menunjukkan letak dan jumlah alat keselamatan yang harus ada di kapal
  2. Menyediakan petunjuk tentang sistem pemadam kebakaran mulai dari alat pemadam api serta jalur evakuasi ketika terjadi kebakaran
  3. Berisi denah semua ruang dan deck kapal beserta alat keselamatan di dalamnya
  4. Sebagai dokumen persyaratan untuk memenuhi survey klasifikasi dan PSC
  5. Dapat digunakan sebagai petunjuk penataan alat keselamatan seperti FFA dan LSA ketika kapal baru selelsai turun dari galangan (Dry Dock)

Jadi dari sini dapat kita lihat bahwa bukan hanya berfungsi ketika terjadi kebakaran tetapi ada banyak hal yang dapat dilihat dan ditemukan dalam dokumen atau dena ini. Itulah sebabnya dokumen ini sangat penting.

Apa Saja Isi Fire Control Plan

isi fire control plan

Banyak informasi yang dapat kita temukan dalam dokumen dan dena ini yang tentunya sangat membantu, bukan hanya ketika terjadi kebakaran tetapi juga dalam setiap situasi yang diperlukan. 

Sebenarnya sudah dijelaskan di atas, bahwa berisi tentang posisi lokasi dan jumlah alat-alat keselamatan tetapi itu mungkin tidak signifikan, oleh karena itu, saya akan jelaskan secara detail apa saja isi yang terdapat di dalamnya.

Berikut isi Fire Control Plan antara lain:

  • Jumlah, lokasi dan jenis sistem alarm kebakaran seperti fire alarm dan smoke detector.
  • Jumlah, lokasi dan jenis fire fighting equipment (Alat pemadam Api Ringan)
  • Posisi damper dan sistem ventilasi
  • Jumlah dan lokasi fireman outfit
  • Lokasi fire hydrant, fire hoze dan foam Monitor
  • Lokasi CO2 Room, AC room dan Emergency Generator Room
  • Escape Route (Rute Pelarian)
  • Lokasi Emergency Stop
  • Lokasi Sprinkler
  • Lokasi dan jumlah EEBD dan SCBA
  • Lokasi dan jumlah Life jacket, Immersion suit dan Chemical Suit
  • Lokasi dan jumlah Life boat, Life Raft dan Life bouy
  • Lokasi dan Jumlah Pyhrotecnic seperti hand flare, rocket parachute, Line Throwing dan bouyant smoke signal
  • Lokasi dan jumlah EPIRB, SART, Two way VHF Radio
  • Lokasi Muster Station

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa semua isinya adalah penjelasan detail tentang lokasi dan jumlah alat keselamatan kapal seperti Live Saving Appliances dan Fire Fighting Equipments.

Dimana Lokasi Fire Plan Diletakkan

Fire plan berupa sebuah dena gambar yang berisi informasi penting, lalu pertanyaannya di mana biasanya diletakkan? Harus diletakkan ditempat yang mudah terlihat dan dijangkau seperti:

  • Bridge (Anjungan)
  • Setiap Akomodasi Deck biasanya di dinding alleway
  • Engine Control Room (ECR)
  • Owner Office (Kantor Pemilik Kapal)
  • Management Office (Kantor Management Kapal)

Harus dipasang secara permanen di setiap tempat yang disebutkan di atas sebagai panduan bagi para petugas pemadam kebakaran serta crew kapal.

Setidaknya harus juga tersedia di kantor perusahaan, baik kantor pemilik maupun kantor operator kapal tersebut.

Secara umum ukurannya tidak dijelaskan secara detail namun harus dikemas secara permanen dalam wadah yang aman dan terlindungi misalnya harus kedap terhadap air

Apa Saja Isi Dalam Box Fire Plan

Setelah pembahasan tentang denah atau gambarnya, sekarang yang akan kita bahas adalah Box Fire Plan yang terdapat pada sisi kanan dan kiri akomodasi kapal.

Tentu para sobat pelaut selalu melihat dan menjumpa sebuah kotak yang berbentuk tabung kecil yang biasanya terbuat dari pipa dan diberi simbol fire plan.

Mungkin beberapa dari pelaut bertanya, apa isi dari box fire plan tersebut dan apa tujuannya diletakkan di sisi kanan dan akomodasi luar kapal.

Tujuannya adalah ketika kita harus meninggalkan kapal akibat adanya kebakaran atau ketika kita kesulitan memasuki akomodasi kapal karena kebakaran, maka disinilah fungis dari kotak tersebut. Kita tidak perlu masuk akomodasi lagi untuk mengambilnya melainkan sudah terdapat di luar akomodasi. Untuk lebih memahaminya simak penjelasan di bawah ini.

Isi Kotak dan Box Fire Plan antara lain:

  1. Denah Fire Control Plan
  2. Emergency Contact List (Daftar kontak darurat), berisi tentang informasi kontak yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat.
  3. Crew List, berisi semua nama dan crew kapal
  4. Stowage Plan, berisi jumlah dan jenis muatan yang ada di kapal
  5. MSDS Cargo, berisi tentang detail cargo dan kandungan zat di dalamnya
  6. Informasi owner kapal (P & I Club Ship Owner)
  7. Informasi tentang Pelabuhan dan local agent, biasanya ini sudah terdapat pada emergency contact list
  8. Informasi Class dan Flag state

Itulah dokumen yang ada dalam box tersebut dan harus di update secara berkala oleh Mualim 3 (Third Officer), kapan harus di update? Update harus dilakukan ketika memasuki setiap pelabuhan serta ketika ada crew change karena tentunya ada juga perubahan pada crew list.

Contoh Gambar Fire Control Plan:

gambar fire control plan

Demikinlah pembahasan dalam artikel ini, memberikan pengetahuan baru serta menambah wawasan setiap pengunjung blog menjadi tujuan kami sebagai penulis. Terima Kasih dan Salam pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Apa Fungsi dan Isi Fire Plan Kapal, Pelaut Harus Paham"