Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek MCU Pelaut Online Dengan Mudah

MCU (Medical Check Up) merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pelaut sebelum naik dan bekerja di atas kapal. Pada saman sekarang ini semuanya sudah berbasis online mulai dari sertifikat dan dokumen-dokumen pelaut lainnya. Sama halnya dengan sertifikat medical juga sudah online sehingga kapanpun dan dimanapun keasliannya dapat diperiksa oleh siapapun.

Apa Itu MCU Pelaut

cara cek mcu pelaut online

Definisinya adalah dokumen yang harus dimiliki seorang pelaut yang dikeluarkan oleh tim medis atau klinik sebagai bukti bahwa individu tersebut sehat secara jasmani (Fit) untuk menjalankan pekerjaan dan tugasnya di atas kapal. Untuk memiliki dokumen ini tentunya harus melalui bebrapa tahapan seperti memenuhi persyaratannya serta membayar sejumlah biaya.

Apa Persyaratan MCU

Sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan oleh pelaut sebagai persyaratan MCU adalah:

  1. Asli dan Foto copy BST yang masih berlaku
  2. Foto copy ijazah terakhir
  3. Asli dan Foto kopi KTP/Passport/Kartu Keluarga/SIM (Pilih salah satunya)
  4. Pas photo ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (foto terbaru)
  5. Surat pengantar dari perusahaan jika ada
  6. Puasa selama 8 sampai 12 jam sebelumnya kecuali minum air mineral

Jika persyaratan tersebut telah dipersiapkan silakan kunjungi lembaga yang tela diakui sebagai tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun perlu diketahui bahwa medical terdiri dari bebarapa jenis, tergantung perusahaan di mana anda bekerja. Untuk medical dalam negeri kebanyakan menggunakan medical standar perla (Medical yang digunakan sebagai standar perhubungan indonesia).

Untuk pengambilan medical para sobat pelaut dapat mengunjungi pelabuhan terdekat di daerah anda atau kampus pelayaran lembaga diklat pelaut. Sebagaimana sekarang sudah ada lembaga diklat yang juga menyediakan pengambilan medical standar perla logo garuda. 

Jika anda berada di makassar anda bisa mengunjungi PIP Makassar. Jika anda sedang di jakarta anda dapat mendatangi klinik seperti klinik indosehat. Klinik tersebut merupakan tempat yang cukup populer bagi pelaut sebagai tempat melakukan medical. Namun ada juga beberapa perusahaan yang akan menunjuk dan menentukan tempat untuk melakukan medical.

Biaya yang harus anda bayarkan adalah tergantung pada jenis MCU apa yang anda akan ambil, sebagai pengalaman saya bebrapa tahun yang lalu ketika saya mengambil medical standar perla yang berlogo garuda, besar biaya yang saya bayar adalah Rp. 800.000,00 (Delapan ratus ribu rupiah). Biaya mungkin saja mengalami kenaikan seiring dengan berjalannya waktu. 

Cara Cek MCU Pelaut Online 

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Pada menu pencarian google ketik bkkp.dephub.go.id maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada kolom yang tersedia masukkan 10 digit kode pelaut anda, lalu centang kotak “I am not robot” kemudian klik ENTER atau OK.

cara cek mcu

2. Jika sertifikat kesehatan medical anda sudah online maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.

3. Periksa semua data pribadi anda dan pastikan sesuai dengan data yang terdapat pada ijazah anda. juga periksa masa berlakunya dan pastika telah sesuai dengan yang seharusnya.

4. Jika tidak ada sertifikat dan data diri anda muncul itu berarti sertifikat belum online, anda dapat menghubungi pihak di mana anda melakukan medical.

Setelah online maka sertifikat fisiknya pun dapat diambil, rata-rata sertifikat akan keluar 1 sampai 2 hari.

Apa Saja yang Diperiksa

Dalam melakukan medical pemeriksaan kesehatan yang biasanya diperiksa adalah sebagai berikut:

  • Tinggi badan dan Berat Badan
  • Pemeriksaan mata seperti test buta warna dan jarak penglihatan
  • Pemeriksaan telinga / pendengaran
  • Pemeriksaan mulut dan gigi
  • Pengambilan dara dan urin (Air Kencing)
  • Rontgen paru-paru
  • Pemeriksaan jantung

Para sobat yang baru pertama kali akan melakukan melakukan medical tidak perlu kwatir karena jika ada indikasi yang bersifat negatif ditemukan dalam tubuh anda biasanya dokter akan memberikan obat dan vitamin sebelum kemudian dilakukan pemeriksaan ulang. Namun umumnya jika anda dalam keadaan sehat pasti akan mendapatkan hasil yang baik pulah.

Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut maka sertifikat kesehatan anda akan terbit dan dikeluarkan oleh pihak klinik. Nah, sertifikat tersebut dapat anda cek melalui internet untuk memastikan apakah sudah online atau tidak.

Demikianlah artikel tentang cara cek MCU Pelaut secara online, semoga memberikan manfaat dan kemudahan bagi para pengunjung website karyapelaut.com. Terimakasih
Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.