Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Buku Pelaut Online Terbaru 2023

Cara Cek Buku Pelaut Online

Cara cek buku pelaut online sangatlah penting diketahui oleh setiap pelaut. Mengapa sangat penting karena ini merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pelaut. Namun tidak semua mengetahui cara untuk melakukannya.

Mengingat karena beberapa pelaut masih belum memahaminya maka dalam artikel ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara cek secara online. Ini merupakan dokumen yang harus di sijil atau ditandatangani oleh kantor syahbandar sebelum seseorang naik ke atas kapal untuk bekerja. 

Pada zaman sekarang ini penerbitannya juga sudah diterbitkan dengan basis Online. Meskipun masih ada beberapa pelaut masih menggunakan buku terbitan yang lama. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa buku yang anda pegang sekarang sudah online. Oleh karena itu, kita harus mampu membedakan mana yang online dan yang offline.

Cara membedakan offline dan online sangatlah muda, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa membedakan keduanya adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan Foto pada halaman Pertama, jika foto anda masih ditempel secara otomatis maka bisa dipastikan bahwa itu belum online
  2. Perhatikan Tahun Terbit atau Tahun Keluarnya, jika terbitan di bawah tahun 2016 maka bisa dipastikan belum online
  3. Perhatikan Kode dan nomornya. Bila kode diawali dengan huruf D maka dipastikan itu belum online. Dan jika kode dan nomornya diawali Kode F maka itu artinya sudah online.

Lalu bagaimana caranya mengecek buku pelaut secara online. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pada web pencarian Google ketik "dokumenpelaut.dephub.go.id.", kemudian pilih menu Porta kemudian pilih Buku Pelaut lalu klik pelaut (Seaman)


  2. Masukkan username dan password akun anda, lalu pilih login. (username dan password bisa anda lihat pada halaman terakhir (Hal. 35), atau jika anda masih ingat gunakan username dan password yang anda gunakan ketika membuat akun pada saat awal pembuatan). 

  3. Jika username dan password yang anda masukkan sudah benar maka akan tampil seperti gambar di bawah. 

  4. Jika anda ingin melihat data Pribadi atau Pengalaman Kerja anda. Pilih garis 3 pada pojok kiri atas  kemudian Pilih Informasi Dokumen. Kemudian Scrol ke bawah untuk melihat pengalaman kerja anda. Namun pengalaman yang akan muncul pada halaman tersebut hanyalah pengalaman yang di sijil secara online. 

  5.  Jika anda ingin melakukan perubahan identitas atau penggantian buku maka masuk ke menu Permohonan lalu pilih menu berdasarkan kebutuhan anda. 

  6. Jika anda ingin mengubah password anda silahkan masuk ke menu General kemudian pilih Ubah Password. Masukkan password lama dan password baru sebanyak 2 kali, setelah itu klik “Ubah Password”. 

Demikianlah artikel ini mengenai cara cek buku pelaut online, semoga memberikan manfaat untuk para pelaut.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Cara Cek Buku Pelaut Online Terbaru 2023"