Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Rescue boat dan Lifeboat dan Mengapa Berwarna Orange

Rescue boat dan lifeboat merupakan dua benda yang sering dianggap sama oleh orang-orang bahkan beberapa pelaut belum memahami apa perbedaan antara Rescue boat dan Lifeboat. Memang benar bahwa keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis, jika sobat pelaut membaca pada buku “LSA equipment” maka sobat akan menemukan perbedaan yang jelas dalam buku tersebut. Selain itu penjelasan yang serupa juga dapat ditemukan dalam buku SOLAS Chapter III tentang “Life Saving Appliance Equipment”

perbedaan rescue boat dan lifeboat

Perbedaan Rescue Boat dan Lifeboat

Lifeboat dirancang secara khusus untuk digunakan ketika kapal dalam situasi darurat seperti kapal tenggelam atau kapal mengalami kerusakan dan kapal tidak dapat lagi terselamatkan sehingga semua crew harus meninggalkan kapal. 

Sedangakan rescue boat dirancang untuk melakukan penyelamatan dengan cepat dalam keadaan tertentu seperti ketika ada orang yang jatuh ke laut atau keadaan darurat lainnya yang berada pada permukaan air. Boat inilah yang digunakan karena memiliki spesifikasi dan telah didesain secara khusus sehingga dapat beroperasi dengan cepat. Namun apakah rescue boat hanya memiliki fungsi seperti itu? tentu tidak, Rescue boat juga dapat digunakan seperti lifeboat yakni sebagai alat penyelamat diri ketika akan meninggalkan kapal pada saat dalam situasi marah bahaya (distress situation).

Baca Juga : Apa Saja Perlengkapan Yang Ada Dalam Lifeboat

Dari penjelasan diatas dapat dimengerti bahwa rescue boat memiliki kelebihan khusus yang tidak ada pada lifeboat, yang artinya bahwa rescue boat dapat berfungsi sebagai lifeboat namun lifeboat tidak dapat berfungsi sebagai rescue boat.

Berikut ini adalah perbedaan antara Rescue boat dan Lifeboat.

  1. Lifeboat biasanya memiliki ukuran yang besar dan kontruksi lebih kuat, dirancang untuk membawa lebih banyak orang dan lebih tahan terhadap kondisi dengan cuaca yang ekstrim. Sedangkan Rescue boat memiliki ukuran yang lebih kecil namun lebih gesit karena didesain untuk lebih cepat dalam melakukan olah gerak (maneuvering).
  2. Lifeboat harus dilengkapi dengan perbekalan seperti cadangan makanan dan minuman untuk masa tinggal yang cukup lama di laut.
  3. Dilihat dari kekuata mesin penggerak Davit, pada Davit untuk rescue boat memiliki mesin yang lebih besar sehingga dapat menurunkan rescue boat ke permukaan air dengan cepat. 
  4. Rescue boat dirancang dengan kecepatan yang lebih besar dengan tujuan agar lebih efesien digunakan dalam melakukan pencarian di laut terhadap korban. Selain itu, dengan kecepatan yang besar mampu melawan ombak yang besar dan tetap stabil dalam melakukan maneuver. 

Mengapa Rescue Boat dan Lifeboat Berwarna Orange

Warna rescue boat dan Lifeboat adalah orange. Apakah para sobat pelaut perna berpikir mengapa kedua benda ini memiliki warna orange. Saya membahas hal ini lewat artikel ini karena saya mengingat beberapa bulan yang lalu seorang cadet yang sedang melaksanakan praktek di atas kapal bertanya kepada saya. 

Alasan Rescue boat dan Lifeboat berwarna orange adalah sebagai berikut.

  • Karena orange merupakan warna yang sangat terang dan mudah terlihat, baik pada siang hari maupun malam hari. Sehingga hal ini membuat orang atau korban lebih mudah menemukan sekoci atau rakit peneolong tersebut. Selain itu dengan warna terang seperti orange akan mempermudah tim penyelamat untuk menemukan seseorang di sekoci yang sedang membutuhkan pertolongan.
  • Warna orange diyakini dapat membantu menenangkan hati dan pikiran seseorang yang sedang dalam kepanikan/ketakutan.
  • Warna Orange merupakan warna yang menggambarkan keselamatan. Dimana saat seseorang melihat sekoci (rakit penolong) tersebut, mereka tahu bahwa itu adalah tempat yang aman. Sehingga dapat membantu pikiran mereka menjadi tenang meskipun sedang dalam situasi yang darurat. 
  • Warna orange juga merupakan warna yang dapat memantulkan cahaya sehingga pada siang hari dengan cuaca yang panas akan membantu mengurangi panas dalam ruang sekoci. 

Sejarah Rescue Boat dan Lifeboat

Berdasarkan sejarah bahwa sekitar abad ke-18 pertama kalinya lifeboat dirancang oleh seorang tokoh di Skotlandia yang dikenal dengan nama Insinyur William Thomson, Tokoh ini memang memberikan banyak pengaruh dalam dunia pelayaran dengan penemuan-penemuan penting. 

Lifeboat mulai digunakan pada kapal-kapal sejak tahun 1785 dimana pada saat terjadi incident kebakaran pada sebuah kapal penumpang dan seluruh penumpang dapat diselamatkan dengan adanya sekoci di atas kapal. Kejadian tersebut membuat dunia mulai memanfaatkan dan menggunakan sekoci di atas kapal bahkan bebrapa tahun kemudiaan kemaritiman dunia mengeluarkan peraturan untuk mewajibkan semua kapal-kapal untuk menempatkan sekoci di atas kapal. 

Ketika memasuki abad ke-19 penggunaan lifeboat semakin banyak mengingat pada masa itu semakin sering terjadi kecelakaan kapal di laut. Bahkan pada tahun 1802 di Inggris untuk pertama kalinya sebuah perusahaan berdiri yang bergerak dibidang pembuatan sekoci. Hingga sampai sekarang ini lifeboat merupakan alat keselamatan yang harus dan wajib di atas kapal.


Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.