Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Fender dan Apa Saja Jenis-Jenisnya, Ini Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Fender

Fender adalah bantalan karet yang dipasang pada lambung kapal atau sisi terluar dermaga untuk meredam benturan antara dermaga dan badan kapal ketika kapal sandar. Tujuan fender adalah agar tidak terjadi kerusakan ketika badan kapal bersentuhan dengan dermaga baik kerusakan pada dermaga maupun pada kapal itu sendiri.

Alat ini dirancang secara khusus untuk mengurangi kekuatan dan energi yang dihasilkan oleh kapal, sehingga gaya yang diterima oleh dermaga tidak menimbulkan gesekan atau dorongan yang kuat. Gaya pantul dari energi yang diserap akan dilepaskan oleh fender kembali peristiwa ini disebut dengan Reaction Force. Jumlah energi yang diserap dan reaksi gaya yang ditimbulkan adalah hal yang paling utama dipertimbangkan dalam merancang ukuran dan berat suatu fender.

Baca Juga : Ini yang Harus Kamu Tau tentang GMDSS di Kapal

Fender harus dipasang di dermaga pada setiap pelabuhan, bahkan beberapa kapal juga dengan type tertentu juga dilengkapi dengan fender seperti kapal Harbour Tug, Tug boat, Supply boat, Kapal Bunker (Bunker Barge) dan kapal-kapal sejenisnya.

Untuk kapal-kapal yang selalu operasi ship to ship (STS) harus juga dilengkapi dengan alat ini agar kedua kapal dapat saling merapat tanpa menimbulkan gesekan dan kerusakan pada lambungnya.

Jenis dan Type Fender

Ada banyak jenis fender yang sering kita jumpai di dermaga atau pada kapal-kapal tertentu, apakah sobat pelaut mengetahu dan dapat membedakan jenis fender dari type hingga namanya. Tak jarang kita sebagai pelaut hanya sering menjumpai benda ini namun tidak perna ingin mencari tau nama-namanya. 

Di bawah ini jenis jenis fender yang sering kita temukan dan lihat di dermaga atau pada kapa-kapal tertentu.

Fender Cone (Cone Rubber Fender)

jenis dan type fender

Type ini merupakan type yang memiliki kekuatan eksternal yang sangat besar. Fender cone memiliki desain agak kerucut dengan sifat elastis yang sangat tinggi. Itulah yang menjadi alasan mengapa type ini banyak digunakan oleh pelabuhan-pelabuhan besar. Cone rubber fender banyak digunakan oleh pelabuhan kapal Tanker, Kapal Container dan Kapal cargo yang berukuran besar.

Fender Cell (Cell Rubber Fender)

type cell rubber

Type ini memiliki bentuk ukuran yang rata sehingga gaya reaksinya terbilang rendah namun penyerapan jumlah energi cukup besar dan mampu menahan benturan yang kuat. Type ini memiliki ketahanan yang cukup lama dan sangat efesien digunakan pada dermaga yang memiliki perairan laut dengan ombak dan angin yang kuat.

Baca Juga : Langkah-langkah Pembuatan Passage Plan Dalam Pelayaran

Fender V (V Rubber Fender)

fender type v

Disebut fender V karena memiliki bentuk yang menyerupai huruf V. Jenis ini dapat digunakan oleh pelabuhan-pelabuhan kecil seperti pelabuhan Kapal RORO, Kapal fery dan kapal penumpang lainnya yang berukuran sedang. Fender V memiliki ukuran yang tinggi dan dipasang secara vertikal pada dinding dermaga sehingga sangat efesian digunakan pada dermaga yang terletak pada perairan dengan perubahan pasang surut yang tinggi.

Fender D (D Rubber Fender)

fender type d

Ini merupakan type yang selalu dipasang pada haluan atau lambung kapal yang memerlukannya. Tahan lama  dan memiliki kekuatan yang besar, serta bersifat elastis dan mudah disesuaikan dengan bentuk haluan kapal sehingga type ini sering digunakan oleh kapal assist seperti Harbour Tug, Tug Boat dan Supply Boat.

Fender Pneumatic

pneumatic rubber

Type ini yang paling sering digunakan oleh kapal yang beroperasi STS (Ship to Ship) karena dapat dipindahkan dengan muda. Fender ini memiliki ruang kosong yang diisi dengan udara yang berfungsi untuk menyangga dan menyerap energi yang dihasilkan oleh kedua kapal ketika saling merapat. Keuntungan menggunakan jenis ini adalah sifatnya yang ringan dan portable mudah dipasang dan dipindahkan sesuai kebutuhan, memiliki reaksi gaya rendah dengan penyerapan energi yang tinggi, dan memiliki certificat BV untuk setiap kali pembelian.

Fender Cylinder

type fender cylinder

Type ini berbentuk cylinder yang dipasang dengan menggantungkannya pada dinding dermaga. Jenis type ini terbilang jarang digunakan oleh dermaga pada umumnya namun tidak ada alasan yang pasti mengapa penggunaan type ini tidak banyak ditemukan. 

Baca Juga : Cara Menentukan Posisi Kapal dengan Baringan, Simple dan Mudah Dipraktekkan

Fender Inflatable PVC

rubber pvc for yacht

Inflatable PVC adalah type yang selalu digunakan oleh kapal-kapal layar atau Kapal Yacht yang diletakkan pada sisi lambungnya ketika akan sandar di dermaga maupun ketika berdampingan dengan kapal lainnya. Memiliki bentuk bulat dan silinder membuat jenis fender ini terbilang sangat efesien karena ukurannya yang kecil dan ringan, namun tetap memiliki kekuatan yang cukup dalam menahan benturan. Type ini boleh dikatakan sama dengan Pneumatik yang menggunakan udara sebagai sumber kekuatannya yaitu dengan cara mengisi udara kedalamnya dengan tekanan tertentu berdasarkan standarisasinya.

Ukuran dan Berat Fnder 

Ukuran dan berat fender tergantung pada jenis kapal dan bentuk dermaga pelabuhan. Dalam pemasangan fender secara khusus untuk di dermaga perlu mempertimbangkan keadaan laut pada tempat tersebut. Seperti cuaca, Alun dan Ombak, serta keadaan angin dan arus pada perairan tersebut.

Berikut ini adalah hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih ukuran dan berat fender sebelum dipasang pada dermaga.

  • Keadaan Perairan Laut 
Keadaan perairan sekitar dermaga harus jadi pertimbangan dalam pemilihan dimensi fender yang akan digunakan. Sebagai contoh jika pada perairan tersebut terjadi pasang surut yang besar sebaiknya menggunakan type V karena memiliki ukuran yang panjang (tinggi) hal ini bertujuan agar pada saat air laut mengalami surut terendah maka kapal-kapal dengan ukuran kecil tetap dapat bersandar pada pelabuhan tersebut. Contoh lainnya adalah kekuatan ombak dan kecepatan angin, angin yang kuat akan menimbulkan ombak yang cukup besar sehingga hal ini akan membuat badan kapal bergoncang dan tentu saja akan membentur bagian dinding dermaga. Dalam keadaan laut seperti ini sebaiknya menggunakan fender cone  atau type cell.
  • Ukuaran Kapal yang akan Sandar
Semakin besar ukuran kapal yang akan sandar pada suatu dermaga maka semakin besar pula ukuran fender yang harus dipasang dengan maksud agar mampu menamba beban atau gesekan yang ditimbulkan oleh kapal.
  • Jenis Pelabuhan 
Pelabuhan kapal cargo seperti Tanker, Container, Bulk Carrier harus menggunakan type dengan ukura yang besar, kuat dan tahan benturan. Berbeda dengan pelabuhan kapal penumpang , kapal roro, kapal tug boat, Supply Boat dan sejenisnya yang terbilang jenis kapal kecil, tidak perlu menggunakan fender yang berukuran besar guna untuk menghemat biaya pembelian dan pemasangan.

Itulah penjelasan tentang fender yang sering kita jumpai pada setiap pelabuhan atau dermaga. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan yang baru dan menamba wawasan para sobat pelaut yang membacanya. Terimakasih dan salam satu jangkar.

Yakob Taruklangi
Yakob Taruklangi Hi, I am Yakob Taruklangi, I am seafarer working onboard tanker ship as Deck Officer. I have been working since 2019. My hobby is writing and sharing experience with other specially for marine industry, shipping and life at sea.

Post a Comment for "Apa itu Fender dan Apa Saja Jenis-Jenisnya, Ini Penjelasan Lengkapnya"